BTN Syariah Luncurkan Aplikasi Fintech Khusus Santri

Industri jasa keuangan syariah global ternyata berkembang cukup pesat, bahkan di tengah ketidakpastian pemulihan pasar keuangan dunia saat ini. Kehadiran bank syariah di Indonesia bak jamur di musim hujan dan mendapatkan sambutan hangat oleh masyarakat Indonesia, terlebih lagi pangsa pasar di Indonesia yang notabene mayoritas penduduknya beragama Islam, telah membawa angin segar bagi pihak perbankan dan tentunya telah menciptakan posisi dan diferensiasi yang kuat dalam benak masyarakat akan kehadiran bank syariah tersebut.
RIFAN FINANCINDO - Rifan Financindo Berjangka Incar Kenaikan Nasabah 53% di Jawa Tengah
B. Oleh mereka yang terusik oleh sistem bagi hasil karena mereka selama ini sudah enak menikmasti sistem bunga yang hanya memperkaya satu pihak (para pemodal) dalam bentuk tandingan yang menjelek-jelekkan bank syariah di masyarakat. Oleh karena itu, beberapa dekade belakangan ini bank konvensional mulai mencari sumber dana non deposito. Ke dua adalah Indonesia berada pada posisi yang cukup kondusif dalam industri keuangan syariah.
Kontrak salam (nol persen) dan istisna (tujuh persen) juga belum maksimal digunakan oleh perbankan syariah. Artinya, masih ada ruang untuk kembali menaikkan suku bunga tahun ini menjadi 1,5 persen, pada paling lambat Desember 2017. Total pembiayaan kendaraan roda empat (konsolidasian) tumbuh 49% dari Rp6,4 triliun per Desember 2012 menjadi Rp9,5 triliun per Desember 2013 disertai dengan kualitas aset yang membaik dengan NPL gross hanya 0,10% dan NPL net 0,08%.
Komitmen perbankan syariah Eropa untuk mengangkat kondisi ekonomi kelompok miskin, juga telah menjadi daya tarik yang lain. 6 Halim Alamsyah dalam makalah yang disampikan dalam Milad ke-8 Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) tanggal 13 April 2012, berjudul Perkembangan Dan Prospek Perbankan Syariah Indonesia: Tantangan Dalam Menyongsong MEA 2015, h. 1. Pada RAPBN-P 2016, sektor Industri pengolahan ditargetkan tumbuh 5,4 persen, lebih besar dari realisasi 2015 yang hanya mencapai 4,2 persen.
IHSG Siap Rebound Dengan Target 6555
Sedangkan untuk pertumbuhan kredit, memang itu lebih sulit. Yaitu, meningkatkan pemahaman stakeholder ekonomi syariah Jatim dalam memahami ekonomi dan keuangan syariah dari sisi teori dan praktek. Di sepanjang 2017, BRI mencatatkan laba bersih sebesar Rp 29,04 triliun atau tumbuh 10,7 persen jika dibandingkan kinerja periode yang sama tahun sebelumnya. Bagi perbankan syariah, Dana Pihak Ketiga (DPK) itu ibarat darah yang bisa meningkatkan pertumbuhannya.
Rentan Aksi Ambil Untung, IHSG Dibuka Di Jalur Merah
Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia terus menunjukkan perkembangan keuangan syariah yang menjanjikan. Menurutnya, meski banyak dijual asing, investor masih bisa masuk ke saham PT Bank Negara Indonesia TBk (BBNI), PT Astra International Tbk (ASII), dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF). Hal tersebut akan menjadi tantangan bagi Indonesia, karena survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mencatat bahwa sebagian besar responden di Indonesia memiliki pengetahuan yang minim tentang produk dan jasa keuangan.
Data pertumbuhan perbankan syariah tidak saja memperlihatkan daya tahan di tengah gejolak krisis keuangan global yang masih berlangsung, tetapi juga menunjukkan pertumbuhan yang fantastis dan prestasiperformance yang baik. Di sisi lain, Maryono me - nam bahkan, Provinsi NTB juga memiliki potensi pertumbuhan ekonomi syariah yang sa - ngat menjanjikan, dipengaruhi beberapa faktor, antara lain se - bagian besar berpenduduk muslim, serta Pemprov NTB juga telah mencanangkan wi - sata syariah di mana pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan.
Otoritas Jasa Keuangan tetap optimis dalam memandang situasi perekonomian ke depan dan prospek perkembangan jasa keuangan nasional termasuk perbankan syariah, serta berharap Roadmap perbankan syariah Indonesia ini memiliki manfaat bagi perkembangan jasa keuangan maupun berkontribusi lebih signifikan bagi pembangunan perekonomian nasional, serta berharap dengan adanya Roadmap perbankan syariah Indonesia menjadikan perbankan dan keuangan syariah nasional sebagai referensi pengembangan keuangan syariah dunia.
Di periode yang sama, mayoritas saham sektoral di Bursa Efek Indonesia (BEI) juga mengekor koreksi IHSG. Kehadiran Lembaga Keuangan Syariah (LKS) di Indonesia menjadi alternatif bagi masyarakat karena dalam operasionalnya harus mematuhi prinsip syariah seperti menjauhi adanya unsur riba, gharar (ketidakjelasan), dan maisir (spekulasi). Peningkatan pendapatan dari fee sebesar 19% menjadi Rp2,3 triliun dari Rp1,9 triliun terutama berasal dari pendapatan dari surat berharga, kartu kredit, trade finance, remittances dan layanan perbankan lain.
Karena kinerja positif itu, dia merekomendasikan akumulasi beli saham ASII dan pasang target harga Rp 8.900. Unitdalam Danamon Syariah bakal membuka cabang baru di Sumatera dan Indonesia Timur. Jumlah nasabah dan profesional keuangan syariahnya juga terbesar di dunia," cetusnya. Bank syariah di Indonesia, diyakini akan terus tumbuh dan berkembang. BSM diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan aset yang signifikan dari Rp 75 triliun (Desember 2016) hingga Rp 79 triliun (Desember 2017).tantangan bank syariah 2016