Harga Minyak Naik Tak Terpengaruh Jumlah Rig AS

Harga Pertalite, seri Pertamax, Dexlite, dan Pertamina Dex berpotensi turun dalam waktu dekat. Pertamina sebagai Badan Usaha, harus melaporkan setiap perubahan harga BBM kepada Menteri ESDM selaku Pemerintah. Seperti diketahui, Pertamina pada hari ini telah menaikkan harga BBM non PSO seperti Pertamax Collection dan Dex Collection, serta Biosolar Non PSO. Sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sempat hampir menyentuh degree Rp 13.600.
Arab Saudi memiliki biaya produksi minyak terendah di seluruh dunia karena disebabkan oleh tiga keuntungan; berlimpahnya ladang minyak yang dekat dengan permukaan dan laut, kepemilikan publik, serta tidak adanya pajak terhadap produksinya. Di sisi lain, PT Pertamina (Persero) masih belum berniat untuk menaikkan harga jual BBM (Bahan Bakar Minyak) non subsidi mereka.
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Walaupun dalam beberapa tahun terakhir yang saya rasakan adalah kenaikan harga minyak semata. Harga BBM di negara tersebut cuma Rp 290 perak per liter. Perubahan harga BBM nonsubsidi juga bisa dengan cepat dilakukan karena ada regulasi yang mendukung hal tersebut. Harga minyak dunia adalah salah satu dari sejumlah indikator ekonomi yang secara tidak langsung mempengaruhi perekonomian di beberapa negara sekaligus.
Pemerintah mengambil opsi menaikkan harga BBM sebagaimana dilakukan beberapa negara di kawasan Asia, seperti Singapura, Thailand, Filipina, dan Kamboja yang menerapkan mekanisme pasar terhadap pasar BBM-nya. Penurunan harga minyak mentah dunia ini seharusnya merupakan berkah bagi konsumen BBM di seluruh dunia. Pasalnya, kenaikan harga minyak non-subsidi tentu merupakan bagian dari fluktuasi harga minyak internasional.
Untuk berwisata ke Pantai Pulau Merah, harga tiket masuk Rp8.000 per orang. Pertamina juga melakukan analisa dulu, apakah tren kenaikan harga minyak mentah dan penguatan dolar AS hanya sementara dalam jangka pendek saja atau terus berlanjut. Di Amerika Serikat (AS), harga BBM rata-rata (semua negara bagian) di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) untuk jenis RON ninety two, atau setara Pertamax, Shell Tremendous, Complete Performance ninety two dan sejenisnya, turun dari 2,903 dolar AS per gallon pada eight Oktober 2018 menjadi 2,369 dolar AS per gallon pada 17 Desember 2018.
Berdasarkan dua faktor yang diulas diatas kita mendapatkan beberapa informasi, yaitu nilai mata uang rupiah diperkirakan akan terus melemah dalam kurun beberapa waktu dan harga minyak dunia susah untuk diprediksi saat ini, terutama terkait laporan beberapa media tentang Russia yang akan menambah produksi minyaknya dan ekspektasi bahwasannya Arab Saudi akan memberi harga setengah kepada pelanggan asianya di tengah sedang terciptanya aliansi jangka panjang antara OPEC-Russia, namun setidaknya aman memprediksi bahwasannya dalam waktu dekat ini harga minyak dunia akan turun.
Amerika Serikat telah membuat kebijakan-kebijakan perdagangan yang unilateral dan bersifat konservatisme seperti kebijakan mengambil tarif terhadap impor baja dan alumunium, dan juga menerapkan tarif impor kepada China terkait berbagai komoditas yang complete tarif nya sebesar 50 triliun dollar sehingga mendorong retaliasi dari negara-negara lain terutama China untuk menutupi kerugian dari tarif impor yang ditetapkan oleh Amerika Serikat.
Menurut mantan Menteri Perhubungan tersebut, harga minyak mentah jenis Brent telah naik sebanyak 30 persen sedangkan kenaikan ICP telah naik sebanyak 25 persen. Jonan mengatakan untuk kenaikan Premium di Jawa, Madura dan Bali naik dari Rp 6.550 per liter menjadi Rp 7.000 per liter. Diproyeksikan, harga emas hitam ini akan menyentuh degree US$70 per barel. Serta Shell V-Energy (Ron ninety five) dari harga Rp10.950 per liter menjadi Rp11.450 per liter.
Kalau kita keluarkan faktor pajak BBM, maka harga BBM internet pajak untuk jenis RON ninety two di AS hanya Rp7.206 per liter, masih jauh lebih murah dari harga BBM sejenis di Indonesia yang berkisar antara Rp 8.485 per liter (ExxonMobil), Rp9.004 per liter (Pertamina) dan Rp9.351 per liter untuk perusahaan distribusi BBM lainnya. Kendati demikian, menurutnya, kebijakan naik turun harga BBM nonsubsidi yang mengikuti fluktuasi harga minyak sebetulnya tidak begitu berpengaruh ke pergerakan inflasi.
Menaikkan harga BBM hanya akan memperburuk daya beli masyarakat. Namun, pertumbuhan itu sebagian besar terhenti tahun ini karena kemacetan pipa di Permian Basin, ladang serpih terbesar AS. Produksi minyak turun hampir 200.000 barel per hari pada Februari, information dari Administrasi Informasi Energi menunjukkan pekan lalu. Sebab, di dalam neraca migas juga memasukan unsur penerimaan negara dari sektor migas di mana penerimaan itu menggunakan dolar.