Penetapan Lokasi Kelar Tahun Ini, Bandara Bali Utara Berdiri pada 2021

"Kalau ditetapkan target, perhitungan meleset semua. Di Bandara Kertajati, kami diberikan waktu 2-3 tahun sejak persetujuan membangun dikeluarkan, jadi penlok keluar mudah-mudahan maka diikuti dengan cepat detail desain, kemudian di-aprove Kemenhub setelah itu izin bangun, setelah itu bisa 2-3 tahun baru bisa selesai," tuturnya, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (22/2/2018).
RIFAN FINANCINDO - Rifan Financindo Berjangka Incar Kenaikan Nasabah 53% di Jawa Tengah
Pada kesempatan yang sama, Presiden Director PT BIBU I Made Mangku mengungkapkan, rencana pembangunan BIBU sudah dilakukan sejak 2009 sampai 2017 belum ada realisasi. Pasalnya, belum ada penetapan lokasi (Penlok) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). "Kalau ditanya apa kendala kita, cuma satu sampai hari ini semua proses sudah dilakukan sesuai PM 2014 tentang Tata Cara Pengajuan Penlok. Tapi sampai hari ini kami belum mendapatkan rekomendasi dari Kemenhub yaitu Penlok," tuturnya.
Manjakan Orang Indonesia yang Mau ke Luar Negeri Singapore Airlines Travel Fair
Pihaknya tidak mengetahui kenapa Kemenhub tidak memberikan penetapan penlok Bandara Internasional Bali Utara ini. Padahal, BIBU sudah pegang surat Gubernur Bali Nomor 600/3481/Sekret kepada Presiden perihal Laporan Penetapan Lokasi Bandara Bali Utara dan surat Presiden melalui Menteri Sekertaris Negara Nomor B-1033/M.Sesneg/D-1/HK.04.02/11/2017 kepada Menteri Perhubungan. "Kami sudah mengajukan surat penetapan penlok ke Kemenhub dua kali. Di era Menhub Jonan sampai Pak Budi sudah diajukan, tapi belum keluar surtanya. Kami tidak tahu apa salah, karena syarat penlok sudah dipenuhi," tuturnya.
Blue Bird akan remajakan 300 armada taksi tahun ini
Bali Akan Punya Bandara Baru di Atas Tanah Reklamasi
PT Bandara Internasional Bali Utara (BIBU) menunggu penetapan lokasi di Kubu Tambahan, Kabupaten Buleleng, dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Jika penetapan lokasi keluar tahun ini, maka diproyeksikan pembangunan selesai paling lama 3 tahun atau 2021. Chairman PT BIBU Iwan Erwanto mengatakan, pembangunan bandara memang membutuhkan waktu panjang, seperti halnya Bandara Kualanamu yang sekarang sudah mulai beroperasi.