Wajib Registrasi Kartu Prabayar, Konsumen Risaukan Perlindungan Data Pribadi

Link registrasi via web telah disebarkan para operator seluler untuk memberikan pengguna pilihan lain untuk melakukan registrasi ulang kartu prabayar, selain jalur pendaftaran lewat SMS dan kunjungan ke outlet. Kenapa apa ya saya sudah mencoba daftar register telkomsel tidak bisa, padahal saya sudah mengisi no hp, no NIK, No KK. tetapi ada balasan No KK salah. BANDUNG, (PR).- Waktu pendaftaran atau registrasi ulang kartu prabayar berakhir hari ini, Rabu 28 Februari 2018. Perihal penanggulangan penyebaran hoax yang bisa menggangu kelancaran proses registrasi ulang Merza akan meminta seluruh penyedia telekomunikasi untuk semakin gencar mengirimkan SMS blast berisi kejelasan tujuan dan langkah registrasi ulang bagi pelanggan prabayar.
SURABAYA -Telkomsel bekerjasama dengan Dukcapil terus mendorong pelanggan untuk melakukan registrasi prabayar dengan menggelar program jemput bola”. Meski begitu Heru Sutadi menganjurkan agar pemerintah tidak lepas tangan karena masyarakat sudah mendukung peraturan registrasi ulang itu, terbukti dari jumlah nomor yang terdaftar. Jadi bagi kamu yang sudah memiliki nomor prabayar baik itu Telkomsel, Indosat dan lainnya diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang dengan cara mengirim sms ke nomor 4444 dengan format ULANG(spasi)#NIK#NO KK atau datang langsung ke gerai miliki penyelenggara telekomunikasi dan nanti akan dilakukan validasi.
Beredar sebuah pesan yang disebarkan lewat aplikasi WhatsApp, yang menyebutkan kebijakan yang diberlakukan sejak 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018 hanyalah hoax ,dan mencoba menggiring penerimanya untuk tidak melakukan proses registrasi ulang. Pemblokiran tersebut, dia menambahkan, menindaklanjuti adanya temuan di masyarakat tentang registrasi kartu prabayar yang dilakukan secara massal atau dilakukan dengan menggunakan NIK dan KK secara tidak sah.
Penambahan jam pelayanan dan petugas di GraPARI ini merupakan bentuk respons atas masukan dari sejumlah pelanggan yang berharap bisa memperoleh informasi dan akses lebih mudah dalam melakukan proses registrasi, disela kesibukan keseharian mereka. Dia mengingatkan, ada banyak cara yang sudah disediakan oleh penyedia layanan telekomunikasi, mulai dari registrasi lewat halaman khusus yang disediakan pada situs tiap operator, lewat layanan call center maupun datang langsung ke gerai.
Januari
Selanjutnya, penyelenggara jasa telekomunikasi wajib menyelesaikan registrasi ulang pelanggan prabayar yang datanya belum divalidasi paling lambat tanggal 28 Februari 2018, serta wajib menyampaikan laporan kemajuan proses registrasi ulang pelanggan prabayar setiap 3 (tiga) bulan kepada Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) selama jangka waktu registrasi ulang.registrasi prabayar
Adita menerangkan bahwa inisiatif yang dilakukan oleh Telkomsel di beberapa wilayah dalam melakukan ‘jemput bola' tersebut dinilai sangat efektif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya registrasi prabayar. Ya, calon pelanggan dan pelanggan lama dapat melakukan sendiri proses registrasi kartu prabayar dengan syarat menyampaikan NIK, nomor KK sesuai KK & KTP yang tercatat di Ditjen Dukcapil.
Mencermati Kebijakan Pengurangan Subsidi BBM Ala Jokowi
Outgoing, gak bisa menerima telepon dan mengirim SMS, kecuali SMS untuk registrasi ulang,” katanya lagi. - Berhembus kencang jika tidak sedikit kartu prabayar melakukan registrasi atau registrasi ulang dengan cara yang tidak semestinya. Selain itu registrasi prabayar ini dapat menguragi churn pelanggan sehingga memberikan potensi perbaikan ARPU industri telekomunikasi.
PT RIFAN FINANCINDO - Rifan Financindo Berjangka Incar Kenaikan Nasabah 53% di Jawa Tengah
Sementara itu Andri Ngaserin, Head of Research PT Bahana Sekuritas menilai registrasi prabayar yang dilakukan oleh pemerintah dapat membuat industri telekomunikasi menjadi lebih sehat. MANADOPOST-Mendorong peningkatan registrasi prabayar, Telkomsel di wilayah Papua menurunkan tim registrasi untuk menyisir pelanggan di daerah pegunungan. , Jakarta: Dua hari semenjak pemberlakukan kebijakan registrasi ulang pelanggan seluler prabayar, sudah banyak sekali hoax yang yang beredar.
Keruwetan ini membuat pelanggan seluler malas dan terus menunda-nunda registrasi kartu SIM prabayar. (3) Kartu perdana tidak bisa diaktifkan dan akan diblokir secara bertahap jika calon pelanggan tidak melakukan registrasi sesuai ketentuan. Pilihan ketiga bagi yang tidak ingin repot mengetik sms ke nomor 4444 maka cara untuk daftar ulang kartu simpati, As, maupun Loop adalah melalui situs resmi Telkomsel dengan cara sebagai berikut.
Sehingga untuk registrasi kartu keempat dan seterusnya bisa dilakukan di outlet, tanpa perlu lagi pelanggan mendatangi gerai resmi operator. Adita Irawati Vice President Corporate Communications PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menghimbau agar pelanggan dalam melakukan registrasi harus sesuai dengan data kependudukan yang dimilikinya. Walaupun demikian, pelanggan tetap dapat melakukan registrasi sampai dengan pemblokiran total pada tanggal 1 Mei 2018.