Stok Turun, Harga CPO Bisa Naik Awal 2018

Kontak Perkasa - Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menguat pada perdagangan saham menjelang akhir pekan ini. Analis Artha Sekuritas Indonesia Frederik Rasali memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) akan mengalami rebound teknis MA(100) di stage 6.280. Analis Reliance Securities Research Gina Novrina Nasution mengatakan saham BBNI pada perdagangan hari ini diperkirakan melanjutkan pelemahan. Kondisi ini membuat kemampuan PLN dalam melakukan investasi dan pengambangan pembangkit menjadi terbatas, yang berakibat pada penurunan kemampuan PLN dalam memenuhi pertumbuhan permintaan listrik.
Di sisi lain, kondisi perekonomian international hingga fenomena Brexit tidak terlalu berpengaruh pada pasar properti di negara ini. Jika rupiah kembali terdepresiasi, IHSG tidak memiliki sandaran menguat. Sejumlah sentimen pengaruhi pasar saham international termasuk IHSG selama sepekan ini baik eksternal dan internal. Berdasarkan laporan Biro Informasi Energi AS, tingkat stok minyak mentah komersial AS selama November 2017 (sampai Minggu ke-4) mengalami penurunan dibandingkan dengan stok pada bulan sebelumnya.
Saham-saham yang turut menekan indeks kali ini antara lain: Bumi Assets turun Rp 25 menajdi Rp 2.725, Telkom turun Rp one hundred menjadi Rp 9.four hundred, Bank Mandiri melemah Rp one hundred twenty five menjadi Rp four.675, PGAS terkoreksi Rp 50 menjadi Rp 4000, Astra Worldwide melorot Rp 500 menjadi Rp 34.800, Financial institution BRI turun Rp one hundred fifty menjadi Rp 7.600, serta United Tractor turun Rp 250 menjaid RP 15.800 per saham.
Diharapkan pada semester II kinerja akan lebih kinclong melalui berbagai upaya perbaikan di bidang pertanaman, untuk mencapai produksi tinggi sesudah melakukan evaluasi masalah yang dihadapi selama semester I. Direktur Produksi PTPN XII, Soewarno, mengatakan, para insan PTPN XII khususnya yang bertugas di kebun masih memiliki waktu guna melakukan perbaikan pada semester II, setelah pencapaian kinerja pada semester I tahun ini belum menyentuh angka yang ditetapkan dalam RKAP.Karena itu, RKAP sepanjang tahun 2015 diharapkan dapat terealisasi melalui pencapaian kinerja yang membanggakan pada paruh kedua tahun ini.
Dapat disimpulkan bahwa pada akhir pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid realisasi subsidi BBM masih lebih tinggi dibandingkan realisasi penerimaan negara yang berasal dari minyak bumi. Bursa saham Wall Road pada perdagangan akhir pekan di tutup menguat karena pasar mencatatkan kinerja yang positif di semester pertama tahun ini. Sesuai dengan konsepnya pula, kebijakan Stimulus Fiskal dirancang sedemikian rupa dengan menentukan sasaran-sasaran maupun mekanisme pelaksanaannya agar lebih tepat mengenai sasaran dan lebih cepat pula menggerakkan pertumbuhan di sektor riil.
Analis mengatakan, investor mengalihkan perhatiannya pada laporan keuangan emiten dan berusaha menyingkirkan kekhhawatiran terhadap pelemahan China dan isu kenaikan suku bungan AS. Rilis Biro Statistik Nasional China menunjukkan adanya tekanan deflasioner indeks harga konsumen untuk Oktober yang hanya tumbuh kurang dari ekspektasi 1,3 persen. Akumulasi beli pada space degree 2.620 - 2.690, dengan goal harga secara bertahap di level 2.890, three.030, three.one hundred thirty dan 3.590.
RIFAN BERJANGKA
Diikuti, saham PT Financial institution Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang turun three,sixty five% dan PT Bank Tabungan Negara Tbk ( BBTN) yang melorot 3,21%. Nilai tukar dolar AS terhadap sejumlah mata uang dunia di pasar uang New York pagi tadi berakhir melemah, di tengah penantian investor akan hasil pertemuan dua hari The Fed, hingga Kamis ini. Tim Riset Indo Premier berpendapat, bervariasinya pergerakan bursa saham gobal dan penguatan IHSG kemarin di tengah pelemahan nilai tukar rupiah, berpotensi membuat IHSG bergerak melanjutkan penguatan.
Minimnya sentimen diakhir bulan dan pelemahan bursa global menjadi alasan investor pada perdagangan kemarin. Perdagangan saham sesi I hari ini berjalan sangat ramai dengan frekuensi transaksi di seluruh pasar mencapai 112.449 kali pada quantity 7,86 miliar lembar saham senilai Rp 6,062 triliun. Tapi, bagi investor yang akan masuk disarankan positif pada saham-saham yang peluang koreksinya sudah terbatas di sektor konsumsi, perbankan, pertambangan batu bara dan industri dasar semen.
Tak heran, Bloomberg mencatat, saham TLKM paling membebani IHSG, hari ini, dengan kontribusi penurunan sebesar 14,47 poin. Ekonomi Indonesia hanya tumbuh four,7 persen pada kuartal I 2015 atau turun dibandingkan kuartal I 2014 sebesar 5,21 persen. IHSG hari ini menurut KGI Sekuritas diperkirakan akan bergerak pada rentang batas bawah (support) 5.740-5.690-5.620-5.520-5.450 poin.
Namun tekanan jual tampak mendominasi perdagangan, sehingga IHSG tak mampu lepas dari zona merah. Utang tersebut berdenominasi rupiah dan dolar termasuk US$11,07 juta yang merupakan tranche B dari AB Svensk Export Kredit Swedia dan revolving credit score Rp650M kepada Financial institution Sumitomo Mitsui Indonesia. Misalnya, sekitar Rp 140 miliar untuk modal kerja meliputi pembayaran kepada pemasok dalam rangka kegiatan operasional kapal, seperti pemeliharaan kapal, beban umum, dan administrasi.