Sebanyak 40 Perusahaan Ajukan Penambahan Produksi Batu Bara, 10 Perusahaan Ditolak

Menurut Analis Mina Padi Investama Christian Saortua kejatuhan saham BRAU bermulai ketika anjloknya harga batu bara dunia pada sekitar 2014. Dalam hal ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ticlak terpenuhi, luas wilayah pertambangan yang telah diberikan kepada pemegang kontrak karya dan perjanjian karya pengusahaan pertambangan batubara disesuaikan dengan Undang-Undang ini. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (MInerba) Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono mengungkapkan, kewajiban pemenuhan Home Market Obligation (DMO) sebesar 25% menjadi dasar pertimbangannya.
Bursa Wall Street semalam masih ditutup terkoreksi dengan sifat terbatas seiring dengan musim kinerja keuangan 3Q12 yang mayoritas dibawah ekspektasi analis menjadikan focus investor bersikap wait and see. Patokan harga baru itu berlaku untuk batu bara dengan nilai kalori 6.322 GAR. IHSG akhir pekan ditutup terkoreksi 1,2% di degree 5.068,6 disebabkan oleh tekanan jual signifikan yang melanda saham-saham unggulan.
Contohnya adalah batubara yang digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik untuk kepentingan umum dan listrik yang dihasilkan digunakan secara terbatas di sekitar lokasi pembangkit listrik tersebut. Sementara itu, Pemimpin Kantor Financial institution Indonesia Balikpapan Tutuk S.H. Cahyono mengatakan adanya penumpukan penyelesaian proyek infrastruktur di akhir tahun juga menjadi salah satu alasan menyebabkan langka dan naiknya harga semen di Balikpapan pada akhir 2011.
PT. RIFAN
PT Caterpillar Indonesia sendiri, awalnya berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi pabriknya dari 1.050 unit per tahun menjadi 2.040 unit per tahun. IHSG kembali ditutup terkoreksi sebesar 0,3% pada stage 4.301,four menyusul tekanan jual yang marak melanda di saham-saham unggulan yang dipimpin saham sektoral perkebunan. Direktur Eksekutif APBI Hendra Sinadia mengatakan bahwa pemerintah perlu menjamin kemudahan perizinan, keamanan dan dampak lingkungan yang ditimbulkan dengan penambahan produksi batu bara untuk meningkatkan quantity ekspor.
Setiap orang yang melakukan eksplorasi tanpa memiliki IUP atau IUPK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37 atau Pasal seventy four ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah). Hal ini terlihat dari tambahan kuota ekspor hingga 10% untuk mengkompensasi harga batubara dalam negeri yang dipatok di angka 70 USD per ton sedangkan harga di tingkat internasional yang sudah mencapai lebih a hundred USD per ton.
Selain untuk menggenjot penerimaan devisa, Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bambang Gatot Ariyono menyebut, penambahan kuota hingga 100 juta ton ini juga sebagai insentif bagi perusahaan tambang yang memenuhi kewajiban Domestic Market Obligation (DMO) 25%. 4. PIHAK PERTAMA berhak untuk menahan batubara, menghentikan proses pengiriman batubara, dan memutuskan kontrak apabila PIHAK KEDUA tidak dapat memenuhi kewajiban pembayaran sesuai dengan yang tercantum pada pasal four dan segala kerugian PIHAK PERTAMA akan dibebankan kepada PIHAK KEDUA.
Perusahaan itu memang tengah kesulitan akibat kejatuhan harga batu bara dalam beberapa tahun terakhir, seiring turunnya permintaan dari Cina. Direktur Jenderal Bina Produksi Hortikultura Departemen Pertanian, pada Seminar Nasional Pangan Fungsional idigenous Indonesia: Potensi, Regulasi, Keamanan, Efikasi, dan Peluang Pasar, di Bandung, belum lama ini mengungkapkan, pada tahun 1991 ekspor biofarma sebesar Rp 95,9 miliar.
Sementara Yudha merekomendasikan netral untuk ADRO dengan target harga Rp 690. Kewajiban pengalihan saham kepada pihak Peserta Indonesia ini dilakukan secara bertahap mulai sejak akhir tahun kelima sebesar 15% (lima belas persen) sampai dengan akhir tahun ke sepuluh sebesar 51% (lima puluh satu persen). Ia memperkirakan tambahan produksi batu bara hanya mencapai 25 juta ton dari penambahan kuota a hundred juta ton.
Pemerintah juga minta laporan per bulan PLN, salah satu melihat kondisi pasokan batubara. Dari pengakuan tambahan produksi tersebut, maka kuota yang sebelumnya 485 juta ton menjadi 585 juta ton. Bila kita melihat grafik jangka panjang harga minyak dalam emas sebagai contoh, Anda akan menemukan bahwa garis yang relatif konstan dibanding harga minyak dalam dollar. Deposito batubara di provinsi ini ditemukan di Tanjung, Barabai, Kandangan, Rantau, Satui, Sarongan, Mangkalapi, Pulau Laut dan Pulau Sebuku, yang dari Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Banjar dan Tanah Laut.
Saham-saham top gainers di antaranya Gudang Garam (GGRM) naik Rp 1.900 ke Rp 49.400, Gowa Makassar (GMTD) naik Rp 1.300 ke Rp 10.000, Indo Tambangraya (ITMG) naik Rp 1.a hundred ke Rp 26.400, dan Unilever (UNVR) naik Rp 1.050 ke Rp 28.850; sedangkan saham-saham high losers antara lain Astra Agro (AALI) turun Rp 600 ke Rp 20.000, Tiga Raksa (TGKA) turun Rp 400 ke Rp 1.300, Tempo Scan (TSPC) turun Rp 225 ke Rp 4.250, dan Sumber Alfaria (AMRT) turun Rp 200 ke Rp 6.300.