Dolar Rp14.000, Ini Peringatan SBY Buat Pemerintah Jokowi

Prabowo Subianto, lawan utama Presiden Jokowi di Pemilihan Presiden 2019 nanti, membahas tentang pelemahan rupiah. Dirinya menambahkan, pelemahan nilai tukar rupiah yang disebabkan oleh tekanan dolar AS tidak perlu dikhawatirkan. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menyatakan bahwa, penurunan Rupiah yang saat ini terjadi, tidak perlu ditakutkan. Kenyataan bahwa anda mungkin baru sadar hari ini bahwa Rupiah telah melemah hampir 40% dalam four tahun, serta pertumbuhan yang masih positif (walaupun melemah), menunjukkan bahwa hal yang paling menentukan efek dari pelemahan nilai tukar bukanlah nilai absolut pelemahan, namun seberapa cepat sebuah mata uang melemah.berita nilai tukar rupiah hari ini
TENTANG PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Harapan saya nilai tukar rupiah itu stabil jangan fluktuatif, agar terjaga. Lebih lanjut, Jokowi menyerahkan intervensi pasar guna menjaga stabilitas Rupiah kepada Financial institution Indonesia (BI). Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, melansir pemberitaan Tirto sebelumnya, Darmin bilang karena dipengaruhi tren ekonomi global sebagai faktor eksternal.
Akhir-akhir ini di berbagai berita, kita mendengar bahwa nilai tukar rupiah mengalami penurunan. Sejak dua minggu lalu, mata uang international melemah semua terhadap dolar Amerika,” kata David kepada wartawan BBC Indonesia, Isyana Artharini. Financial institution Indonesia (BI) mengatakan, penyebab pelemahan rupiah masih sama yaitu karena tekanan ekonomi global. Cadangan devisa akan terus tergerus untuk stabilisasi nilai tukar.
Perry juga mengapresiasi langkah pemerintah yang terus berupaya melakukan beberapa kebijakan untuk menguatkan rupiah. Mengutip knowledge perdagangan Bank Indonesia, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Price (JISDOR), nilai tukar greenback AS terhadap rupiah bertengger di degree 14.404. Memasuki Februari, dolar AS kembali menguat ke stage Rp thirteen.665 dan sempat turun ke Rp 13.555.
Dalam hal ini, USD mengalami apreasiasi atau penguatan terhadap nilai mata uang Rupiah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pelemahan mata uang rupiah tidak hanya terjadi di Indonesia, negara lain juga mengalaminya. Selain itu, kata dia, sentimen dari dalam negeri juga turut mendukung penguatan laju Rupiah, dimana saat ini masih tingginya ekspektasi pelaku pasar terhadap realisasi paket kebijakan baik dari Bank Indonesia (BI) maupun Pemerintah.
VIVA - Financial institution Indonesia menyatakan, usai kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat atau Fed Fund Price, nilai tukar rupiah hingga akhir Maret ini masih akan mengalami pelemahan. Pelemahan nilai tukar rupiah kata Jokowi, lebih banyak dipicu oleh berbagai faktor eksternal, dibandingkan internal. Keputusan kenaikan suku bunga ini, sebut Perry Warjiyo merupakan langkah lanjutan Financial institution Indonesia (BI) untuk secara pre-emptive, entrance- loading, dan forward of the curve menjaga daya saing pasar keuangan domestik terhadap perubahan kebijakan moneter sejumlah negara dan ketidakpastian pasar keuangan world yang masih tinggi.
Sebab, nilai tukar Rupiah yang lemah menyebabkan biaya impor barang-barang pangan tersebut meningkat, sehingga memengaruhi harga jual di tingkat eceran. Dengan mencermati knowledge historis ini, maka nilai tukar rupiah diperkirakan cenderung melemah. Dream - Kurs rupiah terhadap dolar AS mengalami tekanan hebat di awal Mei ini. Hal ini menyebabkan pelemahan Rupiah tidak terlalu banyak berdampak positif terhadap ekspor.
Menyusul Turki, Argentina juga tengah masuk dalam fase krisis yang mendesak Presiden Argentina, Mauricio Macri, untuk mengajukan pinjaman senilai 50 miliar dolar (Rp700 triliun) kepada Dana Moneter Internasional (IMF). Kondisi ini, berkat respons pemerintah dan berba­gai pihak dalam menghadapi tekanan pelemahan rupiah. Untuk pertama kalinya sejak 2015, nilai tukar rupiah menyentuh angka tersebut.
Sedangkan ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara memperkirakan rupiah masih berpotensi kembali melemah. Pada thirteen Juli 2018, rupiah berada pada kisaran Rp14.400 per dolar. Imbasnya, dolar menguat, rupiah melemah. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah menaikkan pajak impor terhadap lebih dari 1.000 barang konsumen—mulai dari tongkat golf hingga barang elektronik dan pakaian renang—untuk mencoba mendorong konsumen untuk beralih ke produk buatan lokal.berita nilai tukar rupiah hari ini
Dengan posisi ini maka nilai tukar rupiah telah melemah (depresiasi) sekitar 7,1% dari posisi akhir pada 2017. Naik turunnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing sangat berdampak terhadap kegiatan perekonomian di Indonesia. Berikutnya adalah kewajiban mereka yang punya exposure (terhadap dolar AS) lebih dari 30 persen diharuskan melakukan hedging. Beberapa mata uang negara maju dan di sekitar Indonesia, ujarnya, bahkan terdepresiasi lebih tinggi dari rupiah.