BPS Sulteng Catat Kota Palu Alami Deflasi zero,06 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan perekonomian Indonesia sepanjang Mei 2013 mengalami deflasi hingga 0,03%. Kepala BPS Suhariyanto menyatakan, dengan deflasi ini berarti tingkat inflasi tahun kalender Januari-Agustus sebesar 2,thirteen persen. Pergerakan IHSG pada perdagangan kemarin yang mengalami koreksi hingga 1,forty five% pada level four,805. Pada Agustus 2018 juga terjadi deflasi zero,05 persen. Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa pada Agustus 2018 mengalami deflasi sebesar 0,05 persen.
Inflasi komponen AP tercatat zero,57 persen (mtm) atau secara tahunan mengalami inflasi zero,17 persen (yoy). Setelah pada pagi hari IHSG cenderung flat dan pemodal asing masih dalam posisi jual hingga sekitar Rp 150 miliar pada jam 15.00, IHSG kemudian mengalami rally sedemikian besar setelah PDIP mengumumkan Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden dari partai ini.
Secara umum, bahan makanan mengalami penurunan dengan komoditas yang dominan antara lain telur ayam dengan andil zero,06%, bawang merah 0,05%, daging ayam ras, serta cabai merah dan cabai rawit dengan andil zero,02%. Sebelumnya Indonesia diprediksi akan mencetak inflasi di April 2017 sebesar 0,05 persen atau lebih tinggi dari realisasi deflasi zero,02 persen pada bulan sebelumnya.
WWW RF RIFAN BERJANGKA COM
Sementara itu, sentimen selanjutnya, China akan merilis knowledge aktifitas ekspor dan impor serta neraca perdagangan dengan ekspektasi mengalami perlambatan dari aktivitas ekspor hingga di degree 10% dari 12.2%. China pun merilis information inflasi dengan ekspektasi bertumbuh. Sedangkan kota yang mengalami inflasi tertinggi yaitu Tarakan zero,62 persen dan inflasi terendah yaitu Padangsidempuan dan Medas sebesar zero,01 persen.
Jika porsi impor dari RRT cukup signifikan di kedua negara itu, bisa terjadi harga-harga akan mengalami penurunan (deflasi)—tentu ini akan bergantung pada seberapa besar devaluasi yuan. Deflasi terjadi di September 2018 sebesar 0,18%. Sektor impor non-migas tercatat mengalami penurunan sebesar zero,29 persen menjadi 132,eighty three. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menuturkan tren harga-harga di pasaran Kota Semarang jelang Lebaran 2018 justru mengalami penurunan.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY Bambang Kristianto mengungkapkan, beberapa komoditas mengalami kenaikan harga sehingga menyumbang terjadinya inflasi. Hal ini tercermin dari kelompok barang yang diatur Pemerintah (administered costs) dan kelompok pangan pemicu terjadinya inflasi (unstable meals) yang mengalami deflasi di Januari 2015. WE On-line, Palu - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Kota Palu pada Februari 2015 mengalami deflasi sebesar 1,84 persen, atau paling rendah di kawasan Indonesia Timur yang mencakup Sulawesi, Maluku dan Papua.
Sektor aneka industri dan Pertanian yang masing-masing mengalami penguatan sebesar 15 poin (+1,forty four%) dan 24 Poin (+1,forty three%) menjadi penopang utama pergerakan ISHG pada perdagangan kemarin. PT Fairness World Futures: Kebanyakan saham-saham Asia mengalami penurunan sore ini, dengan indeks acuan memangkas kenaikan bulanan terbesar sejak September, pasca saham produsen material anjlok.
Ia menyebutkan, dengan deflasi sebesar -0,20 persen dan IHK 119,58, maka daerah Mamuju menempati urutan ke-18 dari fifty nine kota yang mengalami deflasi. Ketiga komponen tersebut mengalami penurunan harga. Sementara, pengukuran deformasi dengan tiltmeter dan GPS menunjukkan deflasi pada periode 21-24 Mei 2018, namun tidak terjadi perubahan yang signifikan.
Sementara itu dilihat dari komoditas yang mengalami kenaikan harga, di antaranya tukang bukan mandor, tarif listrik, tomat dan lain- lainnya. Inflasi nasional dapat berubah menjadi deflasi apabila terjadi koreksi harga ayam, sapi, dan telur di pasar yang sempat melonjak saat pemerintah menaikkan harga BBM. Mirza menjelaskan bahwa saat ini perlambatan terlihat dari lesunya perekonomian di negara tujuan ekspor Indonesia, seperti Tiongkok dan Jepang, serta didukung oleh harga komoditas yang sedang mengalami penurunan.
Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan berdasarkan survei rutin diperkirakan kembali terjadi deflasi -0,04 pada September 2018. Sementara sektor Migas justru mengalami defisit hingga US$ 0,82 miliar. Selain itu, direkomendasikan juga saham infrastruktur dan properti yang belum mengalami penguatan signifikan. Dengan hasil tersebut artinya penurunan inflasi Jateng lebih dalam dibandingkan nasional yang mengalami deflasi bulanan sebesar 0,24 persen.