Obligasi Daerah Jadi Solusi Bagi Papua Barat Danai Pembangunan Infrastruktur

JPP, JAKARTA - Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen mengajukan sejumlah usulan agar pasar modal bisa lebih berperan dalam menjadi sumber pembiayaan. Selain produk-produk tersebut, kata Wimboh, OJK juga telah mendorong sejumlah perusahaan untuk melakukan sekuritisasi aset untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur. Lembaga pendanaan yang resmi memberi garansi kepada proyek pembangunan infrastruktur dan para kreditur bahwa lembaga pendanaan akan membiayai pembangunan proyek dan meminjamkan dana kepada para kreditur sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui bersama antara pihak proyek, para kreditur dan lembaga pendanaan.
Krisis keuangan global telah memicu kerentanan pasar seperti volatilitas yang tinggi dan kurangnya likuiditas di pasar modal. Pada akhir Semester I-2018, nilainya mencapai Rp 165,8 triliun dari whole komitmen Rp 255,three triliun yang sudah diberikan ke proyek-proyek infrastruktur. Atas dasar itu, OJK akan terus melakukan upaya membuka pendananan yang luas untuk pembangunan infrastruktur dan sektor riil di Indonesia sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Perusahaan seperti ini sensitif terhadap naik turunnya pasar saham, tetapi seringkali harga saham mereka naik seiring dengan kenaikan harga sewa dan nilai jual properti. Dalam International Competitiveness Report 2015-2016, yang disusun oleh lembaga World Financial Forum (WEF), Indonesia menempati urutan ke-sixty two dari a hundred and forty negara dalam hal pembangunan infrastruktur - peringkat yang bertahan di standar rata-rata, namun justru menyebabkan beberapa masalah besar dalam perekonomian Indonesia.
Dikutip dari Ekonom Indef Bhima Yudhistira menyebutkan, langkah blended finance bisa jadi jawaban kebuntuhan pendanaan infrastruktur nasional. Hal ini terutama disebabkan oleh konteks politik yang berbeda: demokrasi dan desentralisasi di era pasca-Suharto menyiratkan bahwa pemerintah pusat tidak bisa lagi menggunakan kekuatan militer untuk memperoleh tanah yang diperlukan untuk proyek-proyek infrastruktur.
Ini sejalan dengan perkembangan positif sektor pasar modal dalam melakukan penghimpunan dana masyarakat dan korporasi beberapa tahun belakangan. 2) Robert Ang, Buku Pintar Pasar Modal Indonesia, Media Soft Indonesia, 1997. Produk pasar modal yang diusulkan relaksasi perpajakannya yakni obligasi korporasi, reksa dana penyertaan terbatas (RDPT), dana investasi real property (DIRE), efek beragun aset (EBA), dan dana investasi infrastruktur (Dinfra).
Karenakan adanya pesta demokrasi di Indonesia sehingga risiko pasar modal di Indonesia mengalami peningkatan. Samsul menyebutkan, proyek infrastruktur yang bisa dibiayai sektor swasta lewat pasar modal, di antaranya, pembangunan jalan tol. Saat ini ada beberapa BUMN yang telah melakukan sekuritisasi aset di pasar modal, yakni Financial institution Tabungan Negara (BTN), Jasa Marga, dan terakhir anak usahaPTPLNyakniPTIndonesia Power.
Percepatan pembangunan infrastruktur dimaksud menjadi keniscayaan, merujuk pada publikasi World Improvement Report (World Bank, 1994), yang intinya menempatkan infrastruktur sangat berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, di mana pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dijumpai pada wilayah dengan tingkat ketersediaan infrastruktur yang mencukupi.
Kartika menambahkan, langkah ini merupakan implementasi komitmen Bank Mandiri Group untuk mendukung perusahaan-perusahaan di bidang infrastruktur untuk memenuhi aspirasi pemerintah untuk mengakselerasi pemenuhan infrastruktur di Indonesia. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida mengatakan kapitalisasi pasar bursa efek Indonesia (BEI) per tanggal 30 September 2016 adalah sebesar Rp 5.799 triliun.
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA TERBARU
Sekuritisasi aset dapat dipertimbangkan, dengan melakukan sekuritisasi aset, seperti melepas sebagian haknya atau menerbitkan surat utang atas asetnya yang produktif, BUMN akan mendapatkan dana lebih banyak untuk merealisasikan proyek infrastruktur baru. Indeks SMinfra18 adalah indeks yang terdiri dari 18 saham yang konstituennya dipilih dari sektor-sektor infrastruktur utama ataupun beberapa sektor pendukung dalam pembangunan infrastruktur.
Sementara itu, Presiden Direktur PT EBA Indonesia, Yudhi Ismail menyatakan Indonesia memiliki tantangan di sektor infrastruktur seperti yang dihadapi negara-negara lain yakni memastikan proyek infrastruktur dapat memenuhi persyaratan investor berwawasan lingkungan dan dapat membuka sumber pendanaan baru yang berkesinambungan. Pada kesempatan itu, Wimboh menyampaikan pula agenda prioritas OJK dalam mendukung program strategis pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di berbagai daerah dengan berbagai inisiatif pengembangan di pasar modal.