Video Rupiah, Clip Rupiah, Dowload Video Rupiah Mp3, Mp4

JAKARTA, — Presiden Joko Widodo mengungkapkan, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap greenback beberapa hari ini dikarenakan faktor eksternal. Meskipun demikian, dilihat dari sisi perdagangan, tampak kondisi Argentina dan Turki ini tak banyak mempengaruhi neraca perdagangan Indonesia. Sikap pemerintah yang kerap membantah bahwa kondisi ekonomi Indonesia kian terpuruk justru bakal menjadi bumerang bagi bangsa ini. Kemampuan Indonesia dalam mengekspor kian terbata-bata karena pertumbuhan sektor jasa sejak krisis 1998 jauh lebih tinggi ketimbang pertumbuhan sektor barang (pertanian, pertambangan, dan manufaktur) yang merupakan tumpuan ekspor Indonesia.
Sedangkan kurs acuan Jisdor milik Bank Indonesia (BI) mencatat Rupiah melemah ke Rp11.234 per USD, dengan pergerakan hariannya di kisaran Rp11.178-Rp11.290 per USD. Lebih lanjut, pelemahan rupiah juga didorong ekspektasi kembali defisitnya neraca perdagangan Indonesia bulan September yang akan dirilis siang nanti. Hal ini akan berdampak terhadap kondisi ekonomi domestik dan kenaikan harga barang, termasuk memperlemah nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
Tak hanya itu, di sektor riil, saya prediksikan tak lama lagi bahan makanan dan minuman juga akan kena imbas letoynya rupiah terhadap greenback AS. Mari kita urai mengapa dollar AS bisa semakin membuat rupiah terpuruk. Dari knowledge tersebut bisa disimpulkan, dalam jangka panjang Rupiah pasti akan terdepresiasi terhadap dollar. Ketiga, Purbaya menilai Financial institution Indonesia (BI) kurang memadai dalam mengintervensi Rupiah.
Misalnya, pada bulan Maret 1988 nilai rupiah mencapai Rp10.550,00 untuk satu dollar AS, walaupun sebelumnya, antara bulan Januari dan Februari sempat menembus Rp11.000,00 rupiah per greenback AS. Selama periode Agustus 1997-1998, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terendah terjadi pada bulan Juli 1998, yakni mencapai nilai antara Rp14.000,00 dan Rp15.000,00 per dollar AS. Sedangkan dari bulan September 1998 hingga Mei 1999, perkembangan kurs rupiah terhadap dolar AS berada pada nilai antara Rp8.000,00 dan Rp11.000,00 per greenback AS. Selama periode 1 Januari 1998 hingga 5 Agustus 1998, depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan mata uang-mata uang Negara-negara Asia lainnya yang juga mengalami depresiasi terhadap dolar AS selama periode tersebut.
RIFAN BERJANGKA
Selain mengandalkan kebijakan pemerintah dalam upaya menurunkan nilai dolar terhadap rupiah. Demikian pula indeks emas yang sejak 13 November, relatif kuat mencapai lebih dari 70. Kondisi ini membuka peluang bahwa harga logam mulia ini akan turun dalam jangka pendek. Artinya, jika basic ekonomi Indonesia dikatakan baik, seharusnya rupiah bisa menangkis serangan dolar AS. Kunci untuk penangkalan sentimen negatif ini ada pada orientasi ekspor.
Di Indonesia, ketika risiko instabilitas sistem keuangan berasal dari tekanan inflasi dan volatilitas nilai tukar rupiah, maka kebijakan makroprudensial yang diambil oleh BI akan selalu mengarah kepada usaha untuk menuntaskan kedua masalah tersebut. Agus Nurudin—Direktur Pengelola perusahaan riset pasar Nielsen Indonesia—memperkirakan bahwa harga makanan yang mengandung susu, kedelai, daging sapi, dan gandum akan naik jika rupiah jatuh lebih jauh.
Semarang, Idola ninety two.6 FM - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) memperkirakan pengusaha makanan dan minuman akan menaikkan harga jual produk sekitar 3-5 persen bila nilai tukar rupiah kian terpuruk dalam beberapa waktu ke depan. Paket kebijakan lanjutan tersebut difokuskan pada three pilar kebijakan, yaitu menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, memperkuat pengelolaan likuiditas rupiah, serta memperkuat pengelolaan penawaran dan permintaan valuta asing (valas).
Sementara itu, pemerintah dinilai sengaja membiarkan pelemahan nilai tukar kurs rupiah terhadap dolar AS. Artinya rupiah mencari apa itu, orang banyak membeli dollar, berarti dolarnya mengut, pastilah, kalau ekspor kita menurun kemudian banyak orang butuh greenback, pasti terjadi juga itu," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, akhir pekan lalu. Ketelitian menentukan kebijakan tersebut diharapkan menjadi solusi terbaik untuk menjaga stabilitas rupiah agar tak terpuruk seperti saat ini.
Nilai rupiah menguat dari Rp 9.830 per dolar AS akhir tahun 2005 menjadi Rp 9.000 pada akhir tahun 2006. Dengan demikian, pemerintah dapat mengawal keberdayaan ekonomi rakyat ini dengan baik. Mereka juga lagi puyeng kok, dagangannya kan kebanyakan impor, nilai rupiah begini, mau ikut ngritik udah kadung buang ludah ke nasbung, mau ngebantah tp faktanya dagangan makin sepi.
Faktor world seperti fluktuasi harga pangan dibeberapa kebutuhan dasar masyarakat membuat pemerintah Indonesia kian tidak berdaya dalam merumuskan kebijakan, walaupun kebijakan yang sangat baik sekalipun. Rupiah sempat menembus level Rp 14.503 per dolar AS pada three Agustus 2018. Karena tugas pimpinan BI terfokus pada menjaga stabilitas nilai rupiah dan menjaga tingkat inflasi, semuanya dipertahankan at any value.