Nilai Tukar Rupiah Melemah Ke 13,seven hundred, Bagaimana Pengaruhnya Terhadap IHSG? Rivan Kurniawan

Pasar mengalami koreksi artinya pasar saham sedang mengalami penurunan yang ditandai dengan terkoreksinya atau turunnya Indeks Harga Saham Gabungan(IHSG) BursaEfekIndo nesia. Dengan mempertimbangkan information-data tersebut dan kondisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia yang terkoreksi, saat ini merupakan peluang untuk para nasabah meningkatkan porsi alokasi investasi diekuitas,” kata Head of Wealth Administration & Retail Digital Enterprise Financial institution Commonwealth, Ivan Jaya, dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.
Pelemahan rupiah Rp 1.000 per dolar AS akan menyumbang defisit anggaran bersih sebesar Rp 5 triliun. Jakarta -Imbas dari anjloknya nilai tukar rupiah, menjadi hambatan bagi beberapa emiten yang memiliki utang greenback AS untuk meraup untung lebih besar dan sebaliknya malah buntung, karena rugi selisih kurs. Sementara Menteri Keuangan Chatib Basri menambahkan, pihaknya memproyeksikan pelemahan rupiah Rp 1.000 per dolar AS akan menyumbang defisit anggaran bersih sebesar Rp 5 triliun.
Bertoni Rio, Senior Analyst Research Division Anugerah Sekuritas Indonesia, mengatakan, nilai market cap turun seiring profit taking investor. Output minyak mentah dari negara anggota Organization of the Petroleum Exporting International locations (OPEC) sebagian kembali pulih di bulan September lalu menyusul keresahan selama berpekan-pekan pada negara di Afrika utara seiring sejumlah ladang minyak di timur masih ditutup.
Sejatinya, inflow ke pasar obligasi sudah mulai tampak sejak awal Juni, terutama dari dana pensiun, asuransi dan manajer investasi. Dana asing masuk ke pasar reguler tercatat Rp 84,489 miliar. Komposisi saham-saham emiten yang menghuni 10 kapitalisasi pasar terbesar juga bergeser. Bertambahnya cadangan devisa Indonesia menjadi katalis positif bagi nilai tukar rupiah.
Adapun kapitalisasi pasar modal Indonesia mencapai Rp7.074,07 triliun. Mengutip knowledge kurs Reuters, rupiah pagi tadi sempat dibuka stagnan di stage 12.a hundred and fifty per dolar AS. Hal lain yang juga dampak pelemahan Rupiah adalah membengkaknya utang luar negeri perusahaan-perusahaan Indonesia, sehingga ada bahaya gagal bayar kalau utang-utang tersebut tidak di-hedging.
Riset Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan rupiah berpeluang kembali menguat pada perdagangan hari ini. Kondisi ini menyebabkan rupiah cenderung akan melemah terhadap dolar AS. Di sisi lain hal ini juga membuat pasar saham akan bergerak bervariasi dalam rentang konsolidasi menyusul meningkatnya risiko capital outflow. Oleh sebab itu, mengamati kondisi pasar riil menjadi salah satu penentu keberhasilan di tengah fluktuasi harga saham.
Sejalan dengan pertumbuhan yang positif tersebut, OJK memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional dengan mendorong pembiayaan infrastruktur melalui pasar modal. Seperti terbukti, jika ekonomi terpuruk maka 2 presiden dengan mazhab kiri dasn kanan keduanya jatuh karena rupiah. Rupiah pada perdagangan terakhir, berdasarkan Bloomberg spot, melemah signifikan sebesar zero,forty five% ke degree Rp14.475.
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA TERBARU
Manipulasi pasar biasanya dilakukan investor-investor berpengalaman dan bermodal besar dengan memanfaatkan media massa untuk memanipulasi kondisi tertentu demi tujuan mereka, baik menurunkan maupun meningkatkan harga saham. JAKARTA, KOMPAS.com '” Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengkhawatirkan penurunan rupiah belakangan ini.
Selain penguatan rupiah ke level 10.300 per dolar AS dan prediksi bahwa inflasi Mei yang diumumkan pekan depan akan lebih rendah secara tahunan. Kurs rupiah terpantau berada di posisi Rp 13.763 per dolar Amerika Serikat (AS). Ekonom Universitas Gajah Mada, sekaligus Komisaris Independen PT Financial institution Permata Tbk, Tony Prasetiantono mengatakan bahwa dampak dari pelemahan rupiah itu akan membuat pertumbuhan kredit melambat hingga 19 persen dari posisi saat ini di kisaran 22 persen.
Banyak pihak yang menggunakan dan memanfaatkan kejadian ini dengan menghembuskan opini yang tak berdasar, bahwa aksi-aksi terorisme yang terjadi saat ini, sejak kejadian di Mako Brimob, kelapa Dua-Depok, hingga pemboman 3 gereja di Surabaya, rusun di Sidoarjo, dan Mapolretabes Surabaya adalah ‘blessing in disguise', karena berhasil menutupi kasus-kasus besar yang menyeret para elite dan permasalahan bangsa yang tak kunjung selesai, termasuk masalah terpuruknya ekonomi, bertambahnya hutang pemerintah, arus investasi yang tak kunjung membaik, nilai tukar rupiah yang semakin ‘teler' dan sempoyongan terhadap dolar.