Akhir Pekan, IHSG Ditutup Menguat 1,21%

Jakarta (ANTARA Information) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa dibuka menguat seiring aksi beli investor dengan memanfaatkan harga saham yang sudah terbilang rendah. Sementara itu, beberapa bursa saham di Asia hari ini libur, seperti bursa Korea Selatan, China, Taiwan dan Vietnam. Pengamat pasar modal, Aji Martono mengatakan, potensi penguatan saham PT Bumi Assets (BUMI) hari ini salah satunya dipicu kabar adanya pihak-pihak yang berpotensi menyerap 10% saham baru yang akan diterbitkan senilai Rp4,59 triliun.
Harga minyak mendapat keuntungan hampir 2 persen pada awal sesi, sebelum data ekonomi AS yang mengecewakan, menahan antusiasme dari para investor setelah reli 6 persen pada perdagangan sehari sebelumnya. Quantity transaksi perdagangan siang ini melibatkan three,448 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 3,674 triliun. Aksi ambil untung (profit taking) oleh investor kemungkinan mewarnai perdagangan saham akhir pekan ini.
PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Kemenangan SRIL dalam voting yang kami adakan minggu lalu juga menjadi bukti, kalau saham ini tetap sangat populer di mata para trader di Indonesia bahkan jauh lebih populer daripada saham-saham yang memiliki potensi kenaikan jauh lebih baik seperti TAXI atau BKSL, padahal selama ini kita tahu fokus perhatian investor ritel umumnya terpusat pada saham-saham yang sedang naik, atau baru saja turun pasca kenaikannya, dan bukan saham yang sudah terus turun seperti SRIL.
PT Rukun Raharja (RAJA) hanya menganggarkan belanja modal US$ 29 Jt pada tahun in, turun dibanding estimasi sebelumnya sebesar US$ forty Jt. Hal ini karena RAJA masih akan berhati-hati dalam ekspansi. Sebagai informasi, pada penutupan perdagangan kremarin, IHSG menyentuh level tertinggi four.372,10 di akhir sesi pertama dan menyentuh stage terendah 4.318,60 jelang akhir sesi pertama.
Indeks dolar AS pada sesi perdagangan Jumat pagi naik 0,11% ke degree 95,564. IHSG menguat, sebanyak 232 saham melemah. Nilai tukar dolar AS menguat terhadap rupiah. Mayoritas saham yang tergabung dalam grup JII juga menguat dimana saham SMGR dan INTP menjadi pemberat utama saham JII dan IHSG. IHSG sideways, buying and selling jangka pendek saja,” Yuganur Wijanarko Senior Research , periset senior PT. KGI Sekuritas Indonesia seperti dikutip dalam risetnya.IHSG Menguat Dalam Enam Hari Perdagangan Berturut-turut
Penguatan IHSG juga didukung dari nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar AS. Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan kepemilikan atau penyertaan pasar modal investor dalam suatu perusahaan (Fakhruddin, 2006:thirteen). Sementara, Vice President Research Division Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memperkirakan, dengan kondisi perekonomian yang cukup stabil, IHSG masih berpotensi menguat pada Rabu.Setelah Loyo, IHSG Diprediksi Bangkit Menguat
Kondisi itu yang kemudian memicu harga saham Bumi menguat pada akhir perdagangan Jumat 20 Agustus 2010. Hampir senada, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengungkapkan IHSG akan bergerak dalam pola konsolidasi jangka pendek dengan kecenderungan menguat. Indeks MSCI Rising market pada jum'at pekan kemaren di tutup menguat +1,fifty three%. Sementara, IHSG berhasil ditutup melemah pada perdagangan akhir pekan lalu.
Sentimen positif juga datang dari harga minyak yang menguat dari degree terendah dalam 1 bulan dan diperdagangkan di atas US$76 per barel. Sementara itu, Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya menuturkan IHSG berpotensi lanjutkan kenaikan. Penurunan pada bursa utama Wall St terjadi seiring masih adanya kekhawatiran pasar terhadap perjanjian NAFTA serta adanya penurunan dalam saham perusahaan perawatan kesehatan, telekomunikasi dan real property melebihi kenaikan dalam sektor keuangan dan saham konsumen discretionary.
Di Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pekan ini melemah 56,sixty four poin (-1,06%) di stage 5.320,56 Dengan sektor yang paling besar pelemahannya adalah sektor infrastuktur (-2,35%). Direktur Penilaian Perusahaan BEI Eddy Sugito mengatakan jumlah tersebut akan menambah 12 emiten baru yang telah melantai di bursa sepanjang tahun berjalan, dengan dana publik yang diraup sekitar Rp5,36 triliun.
IHSG BEI dibuka menguat 7,81 poin atau 0,14 persen menjadi 5.762,42. Analis PT Binaartha Sekuritas Nafan Aji menilai, pelemahan IHSG lantaran kekhawatiran pelaku pasar terhadap rencana kenaikan suku bunga financial institution sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve pada 2018 akan lebih agresif dibandingkan 2017. Pergerakan nilai tukar rupiah dolar Amerika Serikat (AS) yang positif dan aksi beli investor asing diharapkan dapat menopang IHSG.