Step By Step Memulai Investasi Saham Indonesia & Tips Memilih Sekuritas

Berdasarkan prinsip ekonomi Islam, investasi harus bebas dari unsur gharar (tidak pasti), maysir (judi), dan riba (bunga). Sama aja prinsipnya, di pasar modal kita bisa pilih dagangan” dari lebih 500 saham perusahaan. Mulai dari yang bagus dan selalu laku kayak beras yang orang pasti butuh sampe saham perusahaan-perusahaan yang bisa anjlok dari harga Rp. 8.000,- ke cuma Rp. 50,-. Daaaaan, sama dengan prinsipnya orang dagangan di pasar. Rifan Financindo Berjangka harus beli dagangannya murah dan dijual dengan harga mahal.
PT Rifan Financindo Berjangka adalah pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan, biasanya di akhir pembukuan per tahun. Jumlah yang dibagikan kepada pemegang saham - tergantung dari kesepakatan para pemegang saham - biasanya tidak lebih dari 30% keuntungan bersih ( Rifan Financindo ) perusahaan. "Berdasarkan data kami, dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta orang hanya sekitar 500 ribu yang menjadi investor di pasar saham," kata Kepala Bagian Pengaturan Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Farhan Nugroho di Semarang,dikutip dari Antara, Rabu 8 Maret 2017.
Untuk jadi investor saham, harus banyak baca berita bisnis,” kata Jumi. PT Rifanfinancindo , sekarang Jumi sudah paham tentang sentimen. Termasuk tentang sentimen politik dan ekonomi global yang kerap memberi dampak pada indeks harga saham gabungan (IHSG). Lot adalah satuan dalam saham yang berjumlah 100 lembar. Setiap ingin membeli saham kita wajib minimal membeli 1 lot (100 lembar). Contohnya jika saham bank Mandiri - BMRI dijual 1000 per lembar, maka minimun pembelian saham bank mandiri jika anda mau trading adalah Rp 1000 x 100 =Rp 10.000.
Kinerja portofolio suatu saham bisa dilihat dari IHSG, mengingat ketika harga-harga saham di IHSG bergerak lebih tinggi dari kenaikan harga saham portofolio, maka investor dapat mengambil kesimpulan bahwa portofolio saham tersebut sedang memburuk. Begitu juga sebaliknya. Bursa saham, pihak yang menyelenggarakan atau menyediakan sistem untuk mempertemukan penawaran jual-beli saham.
Ketika bersepakat, perusahaan memiliki kewajiban untuk memaparkan dengan jelas informasi apa saja mengenai perusahaannya. Seluk-beluk perusahaan harus diketahui calon pemegang saham agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari. Tentu saja penjelasan tersebut diberitahukan kepada calon pemegang oleh perusahaan sekuritas yang menjual saham tersebut.
Untuk mengetahui lebih jelas keuntungan dalam berinvestasi dengan instrumen saham syariah yang dijadikan pilihan, saya mencoba memberikan perhitungan atas berapa besar sih profit yang dapat kita hasilkan apabila kita telah menjadi seorang investor yang handal dalam melakukan analisa fundamental dan analisa teknikal berikut ini saya menggunakan Kalkulator Financial Plan yang saya buatkan dalam bentuk file Excel 2013 berikut ini.
Kadang ada pertanyaan apakah bertransaksi saham itu haram atau tidak. PT Rifan Financindo , saya tidak paham jika berhubungan dengan konsep haram-halal dalam hal skema investasi. Taunya sebatas pada aspek spekulasi yang sering digunakan para trader, yang mana tidak masuk dalam definisi saya tentang investasi”. Selain high return, saham juga memiliki high risk ketika saham turun secara cepat harganya. Rifanfinancindo itu saham juga memiliki risiko dicabut dari bursa saham (delist) sehingga jual belinya kemudian harus dilakukan dengan di bawah tangan.
Kedua, kurangi beban pikiran anda, entah itu beban pikiran terkait investasi anda ataupun lainnya. Caranya? Ya itu tadi: Kalau anda masih pemula, maka hindari saham-saham yang fluktuatif, dan sebisa mungkin pilih saham-saham type ‘alon-alon asal kelakon', sehingga anda bisa tidur nyenyak di malam hari karena anda tahu persis bahwa pada keesokan harinya saham anda tersebut gak akan bergerak naik terlalu tinggi, ataupun turun terlalu dalam. Contohnya saham-saham bluechip, yang pergerakannya biasanya ngikut IHSG aja. Normalnya dibutuhkan pengalaman selama beberapa tahun hingga akhirnya anda bisa membeli ‘saham-saham terbang' tapi tetap bisa tidur nyenyak di malam hari (termasuk tidur siang dengan nyenyak juga). Tapi sebelum itu, you know what to do.investasi saham ala swing trader dunia
Akhir tahun lalu, menulis berita inspiratif seputar investasi saham. Kompas menceritakan pengalaman Aab Adullah, seorang supir taksi, yang bisa menghasilkan keuntungan sebesar Rp 180 juta dari investasi saham. Aab pun diberi penghargaan oleh Mandiri Sekuritas sebagai MOST Inspiring Costumer 2016 karena dinilai inspiratif dalam mengembangkan investasi di pasar modal.
Pada dasarnya, seorang yang ingin membeli saham atau menjual saham harus berhubungan dengan perusahaan efek. Perusahaan efek ini memiliki wakilnya di bursa efek yang disebut pialang saham. Merekalah yang akan melakukan transaksi atas dasar order atau amanat, baik untuk jual maupun beli. Mereka dapat juga memberikan anjuran atau nasehat sehubungan dengan rencana investasi calon pemodal. Atas jasanya itu maka investor wajib memberikan komisi.