Nilai Transaksi Perdagangan Berjangka Komoditas Kuartal I

PT. Gatra Mega Berjangka menawarkan beberapa produk investasi berjangka yang merupakan pilihan yang tepat sebagai sarana alternatif investasi termasuk perdagangan berjangka komoditi. Perdagangan atau transaksi yang telah dilakukan namun tidak segera diikuti dengan penyerahan barangnya. Penyerahan barang biasa dilakukan beberapa bulan kemudian, sesuai dengan perjanjian yang tertera dalam kontrak. Dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah ini, maka Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Komoditi dicabut dan dinyatakan tidak berlaku serta Para Pihak wajib menyesuaikan dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah ini paling lambat 1 (satu) tahun sejak Peraturan Pemerintah ini berlaku.perdagangan komoditi artinya
Terlalu banyak cerita di berbagai macam pasar yang menakutkan di mana para trader yang pemula masuk ke pasar kemudian tidak lama kemudian keluar dalam keadaan kehilangan seluruh harta miliknya. Maka bagi trader yang benar-benar ingin memasuki pasar perdagangan berjangka komoditi disarankan untuk benar-benar berhati-hati. Rifanfinancindo , yang selanjutnya disebut dengan Bursa, yang memperdagangkan Kontrak Berjangka berbagai komoditi. Tempat dimana Kontrak Berjangka diperdagangkan yang juga disebut pasar berjangka.
Diharapkan dari seminar ini mereka dapat membuka wawasan berpikir dan memperoleh ilmu tentang perdagangan berjangka dan tidak menutup kemungkinan kelak para peserta dapat mengimplementasikannya ke dunia trading yang sesungguhnya. Head of Corporate Secretary Kliring Berjangka Indonesia Agung Waluyo mengatakan banyak faktor yang menyebabkan Bursa Berjangka Komoditi (BBK) ini mengalami pertumbuhan sangat lambat, salah satunya karena bursa yang ada di negara lain jauh lebih maju.
Hal yang menjadi perhatian berdasarkan pengawasan dan audit yang dilakukan oleh Bappebti, di mana setiap pialang peserta SPA (Sistem Perdagangan Alternatif) diharuskan memiliki commodity desk dan pegawai yang sudah dilatih, namun dalam kenyataannya masih banyak pialang yang tidak memenuhi persyaratan tersebut, yakni sarananya tidak lengkap dan pegawai yang ditugaskan banyak yang tidak aktif.
Di dalam melakukan penegakan hukum terhadap segala bentuk tindak pidana, pada dasarnya Polri senantiasa akan tetap konsisten terhadap apa yang telah menjadi tugas dan kewenanaganya sebagaimana telah diamanatkan didalam ketentuan perundang-undangan. Demikian halnya dalam melakukan penegakkan hukum terhadap tindak pidana di bidang perdagangan berjangka komoditi.
Wadah ini adalah pusat kegiatan pembelajaran dan pemahaman dini perihal industri Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) bagi kalangan sivitas akademika (bagi mahasiswa maupun staf pengajar). FTLC menyelenggarakan ragam kegiatan yang bersifat edukatif yang praktis, seperti kuliah umum, seminar, kompetisi online trading, kompetisi penulisan artikel tentang PBK, hingga proposisi subjek mata kuliah PBK ke dalam kurikulum kampus.
Sesungguhnya jika ditelisik lebih jauh, maka perdagangan derivatif pertama bukanlah yang ada di pasar Jepang maupun pasar Amerika, namun perdagangan yang sempat mengguncang perekonomian dunia pada masa keemasan Belanda. Pada masa itu terjadi peristiwa yang dinamakan tulip mania, di mana sebuah bunga tulip dijadikan acuan dalam kontrak perdagangan. Kenaikan harga tulip yang sangat tinggi menyebabkan banyak kontrak yang diperdagangankan, akan tetapi kenaikan itu tidak bertahan lama dan dengan seketika menyapu bersih kekayaan kaum borjuis dan juga ekonomi dari Belanda pada saat itu.
Selain komoditas fisik yang diperdagangkan dalam transaksi di pasar, kontrak berjangka komoditas juga bisa diperdagangkan di pasar finansial Transaksi dilakukan di bursa berjangka dengan tujuan hedging (lindung nilai) maupun untuk membentuk harga. Di Indonesia, Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) didirikan pada tahun 1999 dengan landasan Undang-Undang No.32 Tahun 1997 Tentang Perdagangan Berjangka Komoditi. Pada perkembangan berikutnya, Undang-undang tersebut diperbarui menjadi UU No.10 tahun 2011 Tentang Perdagangan Berjangka Komoditi dan Bursa pun mengalami re-branding menjadi JFX dengan logo baru. Dalam memfasilitasi perdagangan komoditas secara online dan real time, JFX menggunakan teknologi terkini dalam bentuk sistem perdagangan elektronik yang disebut JAFeTS.
Wakil Sekretaris DSN MUI, Hasanudin, mengatakan dalam transaksi perdagangan komoditi syariah hingga penjualan kembali setidaknya terdapat lima akad syariah yang terdapat dalam proses tersebut. Di tahap pertama penjualan barang antara bank dengan peserta pedagang komoditi di bursa dilakukan secara jual beli tunai atau bisa juga dengan ba'i al musawamah (perdagangan dengan konsep tawar menawar untuk mendapat harga yang wajar).
Perdagangan future dan forward: Perdagangan atau transaksi yang telah dilakukan namun tidak segera diikuti dengan penyerahan barangnya. Penyerahan barang biasa dilakukan beberapa bulan kemudian, sesuai dengan perjanjian yang tertera dalam kontrak. Instrumen ini telah membuat komoditas perdagangan lebih murah dan lebih memudahkan para trader. Karena CFD berkelanjutan tidak berbeda dari CFD komoditi umum, trader tidak perlu bingung.