Freeport Berpotensi Rugikan RI Rp185 T Dari Kerusakan

, Jakarta: Pemerintah dan PT Freeport Indonesia diharapkan segera berunding guna menyelesaikan polemik di antara mereka daripada saling melancarkan perang urat saraf. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) esok hari direncanakan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero). 2. Mengetahui dampak fisik pertambangan freeport terhadap masyarakat Papua. Freeport Indonesia terus menjalankan program pemantauan lingkungan yang mencakup survei flora dan fauna secara ekstensif di dalam berbagai rentang habitat berbeda.
Mineral dan batubara (Miner­ba) ini komoditas utama kita, ba­nyak negara yang ngincer. Pasca-Malari, Soeharto menjadi Presiden yang sangat disegani oleh banyak negara saat itu. Koran tersebut berhasil mendapatkan laporan perusahaan Freeport yang menunjukkan, pada 1998-2004 perusahaan tambang emas dan tembaga menghabiskan dana US$ 20 juta atau sekitar Rp 200 miliar untuk personel TNI dan Kepolisian RI.
Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Insani Di Lembaga Kuangan Syariah Dalam Menghadapi Persaingan Global (PDF Download
Salah satu narasumber lain yang juga hadir dalam diskusi publik ini, Melky Nahar, Kepala Pengkampanye Jaringan Advokasi Tambang Nasional menyatakan peraturan pemerintah No.1 Tahun 2017 lebih banyak menguntungkan korporasi tambang besar seperti PT. Freeport Indonesia dan tidak mempertimbangkan secara serius terkait dengan keselamatan rakyat dan lingkungan sebagai contoh di Papua.
JAKARTA - Pemerintah harus membatalkan rencana melakukan skema baru divestasi Freeport melalui pembelian Participating Interest (PI) 40 persen dari Perusahaan Rio Tinto Plc karena berpotensi merugikan negara. Papua sebagai bagian penting dari sumber emas Freeport bahkan lebih memprihatinkan, PDB Papua masih sangat rendah. PT Freeport Indonesia menyatakan program efisiensi tetap dijalankan meski konsentrat tembaga kembali diproduksi pada 21 Maret nanti.
Padahal sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009, ketentuan pasal Kontrak Karya (KK) Freeport harus disesuaikan dengan pemerintah Indonesia selambat-lambatnya satu tahun sejak diundangkan. After Freeport used helicopters to test-drill both sites in the early 1960s, Grasberg lay waiting to be mined. Pertentangan antara Pemerintah dan PT Freeport Indonesia masih terus bergulir.
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua menagih tunggakan pajak Freeport Indonesia selama kurun waktu 2011-2015 beserta dendanya. ” Tujuannya untuk mengancam pemerintah Indonesia dan saya kira momentumnya tepat buat pemerintah untuk menunjukkan bahwa pemerintah Indonesia tidak mau diatur-atur oleh PT. Freeport,” tandasnya. Dengan adanya Izin Lingkungan baru untuk PT Semen Indonesia menunjukkan Gubernur Jawa Tengah sedang mempermainkan hukum dan konstitusi, melanggar Pasal 28D ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Pada 31 Desember 2015 tercatat 81,28 persen saham PTFI dimiliki Freeport McMoran (FCX), sedangkan pemerintah Indonesia dan Indocopper masing-masing memiliki 9,36 persen. Maka izin ekspor konsentrat yang sudah diberikan pemerintah belum bisa diterima oleh Freeport. B. Perlu didukung pembentukan pansus hak angket DPRRI untuk bisa mengungkap secara terang benderang pihak pihak terkait dalam sektor izin Pertambangan yang diduga berpihak kepada PT Freefort dalam upaya tetap memperpanjang izin kontrak karya PT Freeport Indonesia paska tahun 2021.
51 PT Sritex Siap Hadapi Persaingan Pasar Dunia…
Karena begitu banyak SDA yang ada di Papua, tetapi masyarakat Papua khususnya dan Negara Indonesia tidak menikmati hasil dari kekayaan alam di Papua. Menurutnya, 50 persen perusahaan tambang di Indonesia tiak menyetor royalti untuk pemasukan ke kas negara. JAKARTA - Pemerintah Indonesia tidak perlu membeli sisa saham divestasi yang akan ditawarkan PT Freeport Indonesia (FI)… Lainnya sebanyak 20,64% hingga 2019.
Salah satu masalah yang hingga kini belum terselesaikan dengan kehadiran PT. Freeport Indonesia adalah bahwa hingga kini masyarakat tidak mengetahui persis tapal batas wilayah konsesi PT. Freeport Indonesia. Indonesia sejauh ini sudah dua kali mengirimkan tim kemanusiaan untuk membantu masyarakat Nepal setelah negara itu dihantam gempa 7,9 SR pada 25 April 2015.
Selain itu, Pertambangan Freeport juga menimbulkan dampak sosial dan budaya yang kompleks. PT Freeport Indonesia (PTFI) berkomitmen untuk mengelola dan meminimalisasi dampak kegiatan operasinya terhadap lingkungan, menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan serta meningkatkan kinerja PT. Freeport Indonesia secara berkesinambungan. Di tahun 1971 Freeport membangun Bandar Udara Timika dan pusat perbekalan, kemudian juga membangun jalan-jalan utama sebagai akses ke tambang dan juga jalan-jalan di daerah terpencil sebagai akses ke desa-desa Tahun 1972, Presiden Soeharto menamakan kota yang dibangun secara bertahap oleh Freeport tersebut dengan nama Tembagapura.
Freeport menambang emas di Indonesia ditetapkan berdasarkan Kontrak Karya (KK) perpanjangan tahun 1991, dimana royalti emas Freeport yang harus dibayarkan kepada pemerintah Indonesia sebesar 1%. Lalu kemudian royalti pertambangan diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2003 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku Pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, royalti emas ditetapkan sebesar 3,75 persen dari harga jual kali tonase.