Harga Minyak Dunia Tertekan Penguatan Dolar AS

Harga minyak dunia terperosok pada perdagangan Kamis seiring kejatuhan pasar saham di Amerika Serikat (AS) dan setelah aksi ambil untung kenaikan harga minyak pekan ini. Biaya lindung nilai terhadap penurunan indeks secara konsisten telah menurun karena mata uang nasional yang lemah dan kenaikan harga komoditas, dimana daya tarik saham eksportir lokal semakin menguat. Saham perusahaan lain yang tidak mengalami kebangkrutan juga turunt terimbas sentimen negatif dan membuat takut investor. Laju harga emas sedikit tertahan oleh rilis data industri manufaktur AS yang memperlihatkan perbaikan.
Meskipun ada kejelasan tentang apa yang akan terjadi di Timur Tengah, meningkatnya jumlah negara yang mengalami kerusuhan - Libya, Bahrain dan Irak- tetap menjaga investor berlindung dan membantu dukungan emas, katanya. Uni Eropa telah mengancam untuk membatasi akses Russia ke pasar modal dan energi serta teknologi pertahanan guna menekan keuangannya setelah jatuhnya pesawat penumpang Malaysia di Ukraina.
Hal itu memicu yield SBN ikut naik dan mata uang AS pun menguat terhadap mata uang negara-negara lain. Ini terlihat pada fakta bahwa yen, franc Swiss dan dolar Aussie dan Kiwi semua jatuh sedangkan Emas naik.”. Faktor lain, termasuk risiko politik, juga telah mendukung minyak mentah. Greenback meluas koreksi, DXY turun sebesar -0,33% ke level 99,95 sebagai harapan perpanjangan program pelonggaran mendorong para kemajuan dari pasar saham.
Data ekonomi AS yang positif mendukung dolar AS yang lemah, dan mendorong emas berjangka untuk mundur menyusul kenaikan selama tiga sesi berturut-turut. Sementara itu, minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April, turun 68 sen atau 1,1 persen, menjadi berakhir pada 61,36 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.
Amerika Serikat akan menyalip Rusia sebagai produsen minyak terbesar dunia pada 2019, Direktur Eksekutif Badan Energi Internasional (IEA) Fatih Birol mengatakan pada Selasa. Jumlah rig minyak AS, yang merupakan indikator awal tingkat produksi di masa mendatang, terus meningkat tajam dari tahun lalu yang hanya berjumlah 477 rig aktif karena perusahaan energi mendorong belanja tahun ini.
BPK Sebut Freeport Berpotensi Rugikan Negara
Saat pertama kali minyak bumi masuk ke dalam menara distilasi, minyak bumi akan dipanaskan dalam suhu diatas 500oC. Barclays memperkirakan rata-rata harga spot untuk logam mulia pada tahun 2011 sebagai berikut: emas di $ 1.445 per ounce, perak di $ 28,10 per ounce, platinum di $ 1.780 per ounce dan paladium pada $ 675 per ounce. Saham-saham produsen emas pun tumbang, antara lain Newcrest Mining and Evolution Mining masing-masing turun 1,22 persen dan 3,23 persen.
Mata uang Korea Selatan Won menguat 1,6 persen. Minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) menetap di 63,57 dolar AS per barel, naik 61 sen atau 1,00 persen, penyelesaian tertinggi sejak Desember 2014. Kondisi itu membuat AS mampu menyalip produksi minyak mentah Arab Saudi, dan mendekati level produksi Rusia yang mencapai 11 juta bph. Indeks saham Dow Jones sentuh level di atas 22.000 yang didorong penguatan saham Apple.
Kontrak Freeport Diperpanjang Hingga 2041
Planet ini akan terus mendiversifikasi kepemilikan utang negara yang menjadi bahan dan persediaan tanpa inflasi.” kata Richard Hastings, analis makro di Global Securutues Hunter, menambahkan emas akan mendekati $1750 sleama dua bulan kedepan. Permintaan fisik emas batangan naik 66 persen tahun lalu menjadi 880,5 ton, dipimpin oleh pembelian dari Cina. Pada perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), harga emas untuk pengiriman Agustus naik US$ 4,5 atau 0,4 persen ke level US$ 1.247,40 per ounce.
PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA - Rifan Financindo Berjangka Incar Kenaikan Nasabah 53% di Jawa Tengah
Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang mengatakan, harga BBM non subsidi yaitu Pertalite, Petamax 92, Pertamax Plus 95 dan Pertamina Dex akan turun pada 5 Januari 2016 nanti. Bank sentral memiliki alasan yang baik untuk membeli emas, kata Peter Morici seorang Profesor bisnis pada universitas College Park di Maryland dan mantan penasihat ekonomi pemerintah AS. Dolar tidak lagi menjadi aset yang aman untuk mendukung mata uang.
Pada Jumat telah membuang kesempatan kenaikan suku bunga pada Juni oleh The Fed,” ujar Angus Nicholson, analis pasar IG spreadbettor. Pembentukan minyak bumi dimulai dan bangkai makhluk hidup laut kecil dan tumbuhan yang mengendap di dasar laut dan tertutup lumpur. Harga minyak mentah akan memiliki higher-high dan lower low (karakter khas pasar yang sedang volatil dan berkonsolidasi).