Cara Menukar Tabung Gas Elpiji 3kg , 5 Kg, 12 Kg

Area Manager Communication and Relation Pertamina Sumatera Bagian Utara Rudi Ariffianto mengatakan, penukaran tabung Elpiji 3kg dengan Bright Gas 5,5 kg bisa dilakukan di agen dan pangkalan. Silakan ditukarkan dengan bright gas 5,5 kg. Harga bright gas 5,5 kg isi di agen Rp325.000 per tabung. Keunggulan tersebut tentunya berbeda dengan keunggulan yang dimiliki oleh produk ELPIJI pertamina lainnya. JAKARTA - PT Pertamina (Persero) masih mengkaji rencana peluncuran LPG kemasan 3 kg nonsubsidi. Hal ini menurutnya, adalah langkah perseroan untuk bisa mengetahui bagaimana respons dan minat sejumlah masyarakat terhadap produk baru yang akan diluncurkan Pertamina tersebut.
Rudi Ariffianto menyatakan melalui program tukar tabung ini masyarakat hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp75.500 per tabung Bright Gas 5,5kg, dari semula sekitar Rp108.000. Semangatnya adalah konsumen kelas menengah sewajarnya menggunakan si Pinky ini, karena LPG 3kg sebenarnya di peruntukkan untuk warga miskin. Sedangkan untuk isi ulang, biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp. 39.000.
Penukaran tabung, lanjut dia, dapat dilakukan di agen dan pangkalan resmi Pertamina. Salah satu agen elpiji di kawasan Jalan Surapati merasakan kelangkaan gas 3 kilogram tersebut. Karenanya, kalangan yang mampu seperti PNS yang pendapatannya sudah mencukupi seharusnya tidak menggunakan LPG 3 kg, melainkan menggunakan LPG non subsidi. Diharapkan, imbuh Alvian, adanya program penukaran tabung gas melon ke bright gas dapat menekan angka konsumsi gas bersubsidi, sebab gas itu hanya diperuntukkan masyarakat miskin bukan orang berkecukupan atau kaya.
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja mengatakan, pelaksanaan subsidi langsung elpiji 3 kg untuk masyarakat miskin dan rentan miskin. Kelangkaan ini terjadi setelah Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM menggelar rapat dengan para agen dan Dinas Perdagangan tentang sosialisasi pengendalian penggunaan LPG 3 Kg.
Qatar Kontribusi 25% Keuangan Syariah Global
"Rencananya pada 1 Februari 2017, akan dilaksanakan distribusi tertutup elpiji subsidi yang sampai sekarang masih dibahas," ujarnya. Saat ditanya tanggapannya mengenai rencana Pertamina mengeluarkan produk Bright Gas 3 kg, dia sempat terdiam dan kemudian menggangguk. Konsumsi elpiji 5,5 kg terus merangkak naik, banyak konsumen yang berpindah dari elpiji 3 kg. Dua tabung elpiji melon kosong ditambah Rp104.000 atau tiga tabung elpiji melon kosong ditukar satu tabung bright gas 5.5 kg isi.
Dan ditargetkan dalam sebulan konsumsi penggunaan bright gas sebanyak 150 ribu tabung. Kebetulannya, PT Pertamina (Persero) mengadakan promo tukar tabung gas 3 kg tabung melon dengan Bright Gas tabung pink. "Bagus lah, banyak yang sadar, buktinya konsumsi bright gas 5,5 kg naik terus. Selain itu, saat ini Pertamina juga mempunyai program promo tukar tabung 3 Kg bersubsidi dengan Bright Gas 5.5 Kg. Pertamina akan memfasilitasi dengan program penukaran tabung LPG 3 Kg dengan 1 tabung LPG Bright Gas 5.5 Kg di Agen LPG, counter-counter penukaran yang ada di acara,” jelas Heppy.
Masyarakat juga dapat dapat menukarkan dua tabung gas melon kosong dengan menambah uang sebesar Rp 104 ribu untuk mendapatkan satu tabung Bright Gas 5,5 kilogram. Salimah, Warga Teluk Dalam Banjarmasin mengungkapkan, Ia mendapatkan informasi melaui media sosial jika ada penukaran LPG 3 Kg dengan 5,5 Kg. LPG 3 kg atau lebih dikenal sebagai gas melon ini memang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu dan pemilik usaha kecil menengah.
RIFANFINANCINDO BERJANGKA - Rifan Financindo Berjangka Incar Kenaikan Nasabah 53% di Jawa Tengah
Pontianak- PT Pertamina (Persero) menyatakan telah menambah sebanyak 68.320 tabung gas LPG 3 kg (bersubsidi) untuk Provinsi Kalimantan Barat, sehingga masyarakat tidak perlu panik. Bahkan pelanggan juga disediakan hadiah menarik untuk konsumen.Tukar tabung lama diberi kesempatan untuk 2 buah tabung 3kg dengan satu buah tabung Bright Gas 5.5kg. Bright Gas 12 kg memiliki Program Promo Tukar Tabung Gratis dengan tabung ELPIJI 12 kg. Hanya dengan membayar isi ulang Bright Gas 12 kg, konsumen dapat menukarkan tabung Bright Gas 12 kg dengan tabung ELPIJI 12 kg yang lama.pertamina buat promo tukar tabung elpiji 3 kg
Sementara itu, Pemilik Pangkalan Gas 3 Kilogram tidak jauh dari RSUD Ciamis, Yayah (55) mengatakan kelangkaan gas itu disebabkan karena tingginya permintaan masyarakat. Dijelaskan Wirat, kartu yang diberikan untuk masyarakat miskin tersebut, tidak dikhususkan untuk pembelian elpiji 3 kg, melainkan untuk program bantuan khusus lainnya yang tengah dijalankan Pemerintah.
Pertumbuhan
Pertamina yang sebelumnya selalu merugi dari bisnis Elpiji hingga Rp 4 triliun per tahun karena menjual Elpiji kemasan 12 kg di bawah harga keekonomian, kini berangsur positif. Pemerintah sudah membuat aturan bagi pengguna LPG, Pertamina menyediakan alternatif LPG non subsidi, sekarang tinggal kesadaran dari masyarakat termasuk pengusaha untuk juga berkontribusi dalam mewujudkan ketepatan sasaran subsidi LPG 3kg.