Memalukan, Fadli Zon Sindir Menkeu Soal Pelemahan Rupiah

Bank Indonesia menyatakan rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini berada di angka 5,05 persen. Dalam beberapa tahun terakhir, faktor eksternal sangat dominan dalam pergerakan ekonomi dan keuangan dunia. Untuk analisis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Pemerintahan Orde Baru atau analisis sebab dan akibat Krisis Finansial Asia , silakan klik tautan-tautan di atas. Fasilitas yang diberikan pun mengesankan baik dari segi ukuran ruangan serta kecepatan penanganan pasien yang termasuk dalam sistem digital, mendukung ekonomi digital.
Pada kuartal III tahun lalu, konsumsi rumah tangga tercatat turun menjadi 4,93%, dibandingkan kuartal sebelumnya yang sekitar 4,95%. Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri mengatakan, pertum buh an ekonomi Indonesia, se panjang 2017 diprediksi hanya mampu tumbuh 5% atau paling rendah berada di level 4,9%. Sederetan dampak negatif itulah tampaknya yang membuat cemas Fadli Zon, sehingga Wakil Ketua DPR RI itu menyindir Sri Mulyani "berpangku tangan" soal rupiah.
Mirza mengatakan, untuk tiga sektor tersebut di tahun depan perkiraannya akan membaik dan 65-70% pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan disumbang dari tiga sektor tersebut. Pertumbuhan ekonomi bertambah untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir, naik menjadi 5.0 persen pada tahun 2016 dari 4,9 persen pada 2015, meski ketidakpastian kebijakan global masih tinggi.
Sesi I Siang, IHSG Ditutup Tertekan
Diutarakan dia, meski demikian laju pertumbuhan ekonomi Sumut di kuartal kedua mengalami kenaikan yang cukup signifikan menjadi 5,09%. Manajemen makroekonomi Indonesia yang kuat dan reformasi struktural telah mendorong momentum investasi,” kata Winfried Wicklein, Kepala Perwakilan ADB untuk Indonesia dalam pernyataannya. Sementara itu Bank Indonesia memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran 5,1 persen-5,5 persen pada 2016.
Ada beberapa faktor sentimen global terhadap perekonomian Asia dan Indonesia menurut Gundy Cahyadi. Beberapa negara Di Eropa yang seharusnya mempunyai taraf perekonomian stabil juga ternyata saat ini dinilai kurang stabil terbuki dengan Inggris yang berada di peringkat 10 besar dan disusul oleh Perancis yang masuk ke 9 besar, dan beberapa negara eropa lainnya.
PT RIFAN FINANCINDO - Rifan Financindo Berjangka Incar Kenaikan Nasabah 53% di Jawa Tengah
Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menuturkan pelemahan rupiah belakangan ini lebih dikarenakan sentimen yang berasal dari AS. Penyataan Powell yang mengindikasikan bakal adanya kenaikan suku bunga acuan The Fed, mempengaruhi persepsi pelaku pasar AS. Akademisi Musni Umar berpendapat sedikitnya ada 10 dampak negatif lanjutan yang bisa dirasakan masyarakat jika rupiah terlalu undervalue terhadap dolar AS.
Kita perlu optimis bahwa suatu saat Indonesia akan benar-benar menjadi negara yang hebat dan kuat di tengah persaingan dan perubahan yang begitu pesat. Bank sentral Indonesia telah memangkas suku bunga sejak awal 2016 dalam upaya untuk memacu pertumbuhan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. IMF mengapresiasi perekonomian Indonesia dan menyambut baik fokus bauran kebijakan jangka pendek antara otoritas untuk mendorong pertumbuhan, namun juga tetap menjaga stabilitas.
Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2018 akan mencapai 5,3 persen, menurutnya salah satu penyumbang terkuat pertumbuhan ekonomi Indonesia yakni meningkatnya kontribusi ekspor dan investasi. Sri Mulyani menjelaskan, pelemahan rupiah lebih kecil atau relatif sama dibanding mata uang negara maju dan emerging lain yang mencapai lebih dari dua persen.
Pergerakan IHSG Rawan Terimbas Aksi Profit Taking
Cara kerja, mekanisme hubungan antara hukum dan peraturan perekonomian serta kaidah dan norma - norma lain (tertulis maupun tidak tertulis) yang dipilh atau diterima, dditetapkan oleh masyarakat ditempat tatanan kehidupanyang bersangkutan berhubungan. - Jakarta - Kurs mata uang rupiah hari ini Kamis 26 April 2018 melemah diangka 13.930 per dolar AS. Menanggapi hal tersebut, Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan (Menkeu) menghimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap tenang dengan perubahan situasi ekonomi yang tengah dihadapi bangsa Indonesia tersebut.
Pengendalian rupiah, tak semestinya dilakukan dengan mengerem pertumbuhan kredit yang bisa berdampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi. Menurut Director of the Asia Pacific Department at IMF Changyong Rhee, ekonomi Indonesia terus menunjukkan kinerja baik, didukung oleh perpaduan kebijakan ekonomi makro dan reformasi struktural. Padahal, kata Fadli pemerintah seharusnya turut melakukan langkah-langkah untuk menstabilkan kurs rupiah.