Pengangkut Barang Diminta Boleh Dapat BBM Subsidi

Menurut Menteri Keuangan Maroko Mohamed Boussaid, Maroko akan menerapkan energi baru dan terbarukan sebesar 42 persen pada tahun 2020. , Jakarta: PT Pertamina telah memberi peringatan kalau bahan bakar minyak (BBM) subsidi akan over kuota 1,62 juta kiloliter hingga akhir tahun ini. Sesuai APBN 2018, subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dialokasikan untuk 7,5 juta kiloliter (kl) solar di mana setiap liternya mendapatkan Rp500,” paparnya. Kompas TV Pemerintah waspadai dampak penurunan harga minyak dunia pada keuangan negara.
Keseimbangan Ekonomi Terkendali, Suku Bunga Tak Perlu Naik
Lho…bukannya hampir semua tambang minyak kita yang mengeksploitasi memang swasta seperti cheron, eppon, dll???jadi setau saya PERTAMINA memang membeli minyak ke perusahaan swasta tersebut bukan ke Pemerintah, jadi uang yang 224,569 tril itu bukan masuk ke kantong pemerintah tapi ke swasta asing…makanya pemerintah mati2an bilang defisit bukannya surplus….
Selain itu Pemerintah berencana menambah subsidi tarif listrik, khususnya untuk keperluan bertambahnya jumlah pelanggan yang dianggap kurang mampu. Sebagai gambaran, satu TCF shale gas bisa menghasilkan 100 miliar kWh listrik dan menghidupkan 12 juta unit kendaraan berbahan bakar gas setahun. Tapi, kesempatan pemerintah untuk kembali menggunting harga premium dan solar bersubsidi terbuka lebar, seiring harga minyak dunia yang terus turun.
PT RIFAN FINANCINDO - Rifan Financindo Berjangka Incar Kenaikan Nasabah 53% di Jawa Tengah
"Jadi solar kalau tidak salah kenaikannya tidak lebih dari Rp 4,1 triliun dari kenaikan Rp 1.000 per liter," kata dia. Contoh, untuk tahun ini pemerintah memberikan subsidi atawa public service obligation (PSO) sebesar Rp 1,82 triliun, naik 20% ketimbang tahun lalu. Selain itu pemerintah menambahkan ayat 6a pada pasal 7 UU APBN-P 2012, yang memungkinkan pemerintah menaikan atau menurunkan harga BBM bersubsidi jika harga rata-rata minyak mentah Indonesia ICP mengalami kenaikan atau penurunan hingga lebih 15 persen dari asumsi APBN-P sebesar US$105 per barel, dalam kurun waktu enam bulan.
1. Pak Kwik….saya masih ingat, ketika anda menjabat menteri yang membidangi perekonomian pada saat Kabinetnya Megawati, anda dan jajaran pemerintahan anda telah menaikkan BBM 2 kali. Latif mengatakan hasil rapat paripurna DPR tidak dapat mengatasi kerentanan anggaran yang selama ini terus terjadi akibat besarnya subsidi untuk BBM, dan justru akan memberikan tekanan serius terhadap anggaran.
Sebagai informasi, usulan subsidi BBM tahun depan sebesar Rp42,3 triliun, meliputi subsidi jenis BBM tertentu sebesar Rp10,3 triliun, yang termasuk di dalamnya subsidi energi terbarukan (EBT) Rp1,3 triliun dan elpiji tabung 3 kg sebesar Rp31,9 triliun. Untuk Agustus, harga BBM seharusnya Rp 8.500 per liter,” tambah Wiratmaja. Ditemui secara terpisah, pengamat anggaran publik Uchok Sky Khadafi menolak rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak.
Di sisi lain, menurut Jonan, terdapat masyarakat yang tercatat berhak menerima subsidi, tetapi menolak mentah-mentah bantuan pemerintah karena dianggap sudah mampu. "Mulai 1 Juli 2017 tarif listrik pelanggan rumah tangga mampu 900 VA akan mengikuti mekanisme tarif adjustment, naik turun sesuai pergerakan rupiah, harga minyak mentah, dan inflasi," ujar Made. Saat ini subsidi energi dalam APBN 2018 ditetapkan sebesar Rp94,53 triliun yang terdiri dari subsidi BBM sebesar Rp46,9 triliun dan subsidi listrik sebesar Rp47,7 triliun.
Psikologi pasar terpengaruh akan isu kenaikan harga BBM. Tujuan pemerintah menaikkan harga BBM adalah mengalihkan subsidi ke konsumtif menjadi produktif, seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Dalam APBN 2018, alokasi subsidi solar ditetapkan sebesar Rp 7,8 triliun dengan besaran subsidi Rp 500 per liter. M. Iskandar, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) menyatakan, selisih harga premium hingga Desember 2017 lalu sebesar Rp 900 per liter.
Negara Yang Terapkan Suku Bunga Acuan Negatif
Setelah melalui perdebatan panjang, akhirnya disepakati opsi ke-2, yaitu membatasi dan mengendalikan volume BBM bersubsidi mulai 1 April 2012 serta tidak menaikkan harga. Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Djoko Siswanto mengungkapkan tambahan dana subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) tahun ini bisa ditutup oleh penerimaan dari selisih antara harga minyak mentah Indonesia (ICP) dengan asumsi ICP dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.
Sebelum ada SPBU itu, harga solar yang dibeli nelayan bisa mencapai Rp15 Ribu-Rp20 Ribu per liter. Kalo argumennya harga minyak mentah akan makin mahal, sebagai negara dng produksi lebih rendah dari kebutuhan, jalan terbaik adalah mengurangi konsumsi dengan efficiency (there is rarely negative side effect of becoming a more efficient economy). Kementerian Keuangan ( Kemenkeu ) masih mengkaji tambahan anggaran subsidi solar dalam APBN 2018.