Dampak Yang Akan Ditimbulkan Dari Efek Yuan Terhadap Indonesia

JAKARTA (Bisnis): Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengakui secara jangka pendek, revaluasi mata uang yuan berpengaruh pada kondisi dalam negeri Indonesia. Selain itu nilai tukar rupiah ukurannya bukan hanya dilihat dari nilai nominal semata, tetapi juga diperhitungkan nilai riil. Kebangkitan perekonomian AS ini kemudian menimbulkan euforia investor global yang mulai gencar mengoleksi mata uang dolar AS dan sebagian besar menerbangkannya ke New York. Korea Selatan akan larang perdagangan mata uang digital ANTARA.
Russia Today melaporkan pe­dagang Rusia mencetak rekor dengan membeli 18 miliar yuan se­panjang Agustus 2015, yang mem­buat nilai mata uang itu naik 400 persen. Di Singapura, harga emas stabil dipicu pelemahan dolar AS di saat para investor menantikan testimoni pertama Gubernur Fed Jerome Powell di depan Kongres AS. Kurs Valuta Rupiah ke beberapa Mata Uang Asing 2. Teori nilai kerja adalah terbukti palsu.
Sebaliknya Indonesia sebagai negara berkembang, yang mudah terdepresiasi mata uangnya dari pengaruh mata uang negara maju seperti, Amerika Serikat. Di China 1.000 yuan, di Australia hanya 200 yuan," kata Kou Meng Nan, 20, seorang mahasiswa dari Beijing yang sedang dalam perjalanan belanja ke Sydney. Shanghai Composite Index naik +1,50% (+46,47 poin) ke stage three.141,fifty nine poin dengan nilai transaksi 36,1 miliar dolar AS.
PT RIFAN FINANCINDO JAKARTA
Hanya dalam satu hari, Inggris mengeluarkan sejumlah miliaran poundsterling untuk mempertahankan nilai pound terhadap mata uang Jerman. Sedangkan dari dalam negeri Indonesia, emiten perbankan yg paling awal merilis laporan keuangan kuartal ketiga adalah BTPN, BDMN (17 Oktober), BBCA, BNGA (24 Oktober) & BBNI, BBRI (25 Oktober). 600 an di awal tahun kemarin menguat hingga Rp 10. Rupiah Tembus Rp 14 Ribu, Warga Mulai Tukar Dolar AS. Kumpulan Berita Rupiah Terbaru Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika SerikatUSD) pada sesi pagi hari ini dibuka ambruk dari posisi akhir pekan kemarin.
Nilai tukar dolar hingga rupee yang direferensikan oleh pasar mata uang global menguat lebih dari 5% sejak pertengahan Agustus. Aksi beli selektif terjadi di saham-saham bank, ditopang oleh laporan kinerja keuangan. Konsumen di US tampaknya tidak merasa terganggu dengan volatilitas di pasar keuangan. Mempunyai mata uang yang relative lebih lemah terhadap seluruh dunia dapat membantu meningkatkan ekspor, mengecilkan deficit perdagangan dan mengurangi biaya pembayaran bungan atas hutang pemerintah yang luar biasa.
Bitcoin telah mencapai harga tinggi karena menyentuh ke 3500 dan menjadi mata uang digital yang dipuji dan menjadi aset baru dan investasi bagi pendatang baru. Sebelumnya permintaan dan penawaran valas serta perubahan sejumlah nilai tukar utama. Pada gilirannya telah memberikan tekanan yang sangat berat terhadap nilai tukar rupiah di pasar. Berikut information beberapa mata uang negara lain yang juga ikut terpengaruh karena menguatnya US$.
Kita masih ingat bahwa Tiongkok berulang kali memposisikan diri akan beralih dari negara dengan orientasi ekspor menjadi negara dengan orientasi konsumsi domestik, sehingga pelemahan yang terlalu berlebihan pada nilai tukar CNY tentu akan menghambat kekuatan konsumsi domestik masyarakat Tiongkok. Banyak ekonom mempertanyakan alasan dolar AS masih menjadi mata uang paling berpengaruh di dunia meskipun saham gobal di AS kini tengah terkikis.
Tabloid Reformata Edisi 23 misalnya, pada awalnya memberikan dana sebesar 350 juta dolar AS, tapi kemudian ditambah lagi dengan jumlah yang sama, Februari : Kalaupun nanti akbar AS sehingga total bantuannya menjadi seven hundred juta dolar AS. Menurut dia, tren international yang ada saat ini adalah penguatan dolar AS terhadap mata uang negara berkembang lainnya termasuk Indonesia, dan tekanan eksternal inilah yang menjadi salah satu penyebab perlemahan rupiah sejak tahun lalu.
Efek devaluasi yuan yang akan menekan ekspor Indonesia bisa dirasakan dalam jangka pendek atau satu hingga dua bulan mendatang. Ramadan mengatakan tidak dapat berbuat banyak atas melemahnya nilai tukar rupiah, yang menyebabkan tinggi harga kebutuhan di pasaran lantaran keuangan nasional yang tidak bisa lepas dari pengaruh dolar. 1900 dan reli Euro berlanjut pada hari ini di perdagangan sesi New York setelah melewati 1. China Yuan CNY 2. CO, Tokyo Nilai tukar dolar Amerika Serikat terhadap mata uang yen Jepang kemarin melonjak menjadi 85 yen per US$ 1.
Dalam pertemuan tingkat tinggi AS-China akhir Juli 2009 lalu, pemerintah AS menuding rendahnya nilai mata uang Cina menyebabkan harga produk AS menjadi jauh lebih mahal, berbanding terbalik dengan harga-harga produk Cina yang jauh lebih murah. Ekonom dari Institute For Growth of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati mengatakan dampak devaluasi yuan akan menjadi tantangan berat khususnya bagi Kementerian Perdagangan.