Wagubsu Harapkan Gapensi Manfaatkan Peluang Period MEA

Selalu ada prospek kerja agribisnis terbuka bagi kamu di banyak perusahaan yang bergerak di bidang pertanian. Lebih jauh lagi, mahasiswa bisa berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengantisipasi kalahnya produk lokal dengan produk - produk dari negara ASEAN dengan membantu pengusaha lokal untuk terus melakukan perbaikan dan inovasi sehingga bisa bersaing dengan produk - produk dari negara ASEAN. Oleh karenanya, Presiden Joko Widodo meminta kalangan dunia usaha, khususnya kepada sektor swasta dari negara-negara anggota IORA, untuk mempercayakan hal tersebut kepada pemerintah Indonesia.
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan setelah penandatanganan Deklarasi Masyarakat ASEAN, dalam realitasnya sebenarnya tidak terjadi apapun karena secara tidak sadar semua sudah hidup dalam komunitas itu. Karena itu, ia menyarankan, agenda utama saat ini adalah menyatukan langkah para pebisnis untuk berinvestasi secara signifikan guna menggerakkan perekonomian.
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Sebaiknya, Anda meluangkan waktu untuk mendatangi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) atau Dinas Koperasi dan UMKM setempat. Di luar itu, peningkatan kualitas SDM dan pemanfaatan SDA harus terus dilakukan seoptimal mungkin agar tak tersungkur jatuh di hadapan negara-negara lain dalam persaingan di pasar bebas ini. Pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 11 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Komitmen Cetak Biru MEA dalam upaya persiapan menghadapi pasar bebas ASEAN.
Strategi dan persiapan yang selama ini telah dilakukan oleh para stake holder yang ada di Indonesia dalam rangka menghadapi sistem liberalisasi yang diterapkan oleh ASEAN, terutama dalam kerangka integrasi ekonomi memang dirasakan masih kurang optimal. Mestinya, pemerintah lebih banyak membangun pelabuhan di sentra-sentra masyarakat yang sudah kental dengan darah pelaut, antara lain seperti Makassar dan Bugis di Sulawesi Selatan.
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sasaran dan fokus Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dalam menciptakan stabilitas dan perkembangan ekonomi di wilayah regional ASEAN. Seperti yang kita ketahui bahwa masih banyak masyarakat kita yang lebih tertarik untuk menjadi karyawan untuk bekerja kepada orang lain. Syarif yakin perkembangan dunia usaha Indonesia ke depan akan terus membaik.
Situs investasi untuk membantu pembiayaan usaha mikro yang aman, menguntungkan, dan berdampak sosial. Pada hari kedua, mereka menandatangani Deklarasi Masyarakat ASEAN. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki keinginan besar untuk membantu memajukan pertanian di Indonesia dan membantu kerja para petani, bekerja di LSM atau koperasi dapat menjadi prospek kerja agribisnis yang tepat bagi kamu.
Mengikuti pameran yang diselenggarakan pemerintah bisa Anda lalukan sembari melihat-lihat potensi bisnis UMKM yang berkembang di tengah masyarakat. Dia mengatakan, persaingan memperebutkan pasar produk halal di period perdagangan bebas saat ini tidak lagi menjadi monopoli negara- negara Islam atau negara-negara berpenduduk muslim terbesar. Secara terpisah, Direktur Eksekutif Indef Ahmad Erani Yustika mengatakan, sejauh ini berbagai upaya pengusaha Indonesia sudah luar biasa untuk bisa mengembangkan bisnis mereka di kancah internasional.
Hal itu tentu merupakan satu peluang yang harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemerintah dan juga masyarakat. Sebagai negara yang dianggap strategis dalam BRF ini, Indonesia harus mampu memanfaatkan konektivitas yang dibangun untuk meningkatkan ekspor non migas ke China dan negara-negara peserta BRF lainnya”. Sektor-sektor jasa prioritas yang telah ditetapkan yaitu pariwisata, kesehatan, penerbangan dan e-ASEAN dan kemudian akan disusul dengan logistik.
Fakta-fakta tersebut merupakan faktor yang mendorong meningkatnya investasi di dalam dalam negeri masing-masing anggota dan intra-ASEAN serta masuknya investasi asing ke kawasan. Orang yang mendapatkan pendidikan, pelatihan dan memperoleh manfaat dengan meningkatkan kesempatannya untuk melanjutkan pendidikan atau pelatihan lebih lanjut atau mendapatkan pekerjaan dengan meningkatkan penghasilan seumur hidup.
Indonesia sudah mencatat 10 (sepuluh) komoditi unggulan ekspornya baik ke dunia maupun ke intra-ASEAN selama 5 tahun terkhir ini (2004 - 2008) dan 10 (sepuluh) komoditi ekspor yang potensial untuk semakin ditingkatkan. Dengan begitu, Indonesia bisa memiliki landasan perdagangan, perpajakan, hingga investasi yang menguntungkan kedua negara dalam ikatan perjanjian.