Artikel Personal Finance Kontan Investasi

INVESTASI adalah menanamkan suatu modal pada instrument tertentu dengan harapan akan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Haru menyebutkan, dengan revaluasi tersebut bisa meningkatkan rasio kecukupan modal BRI dari stage saat ini sebesar 20,41% menjadi di kisaran 21,5% pasca aksi revaluasi aset dilakukan. Sementara, pada reksadana pasar uang , investor bisa redeem untuk mencairkan dana. Tetapi meski memiliki potensi keuntungan besar, sangat sedikit orang Indonesia yang mau berinvestasi saham.
Bagi investor yang belum melakukan perencanaan pensiun dengan tepat, rasanya tidak realistis apabila mengharapkan sebagian besar penghasilan di masa pensiunnya nanti berasal dari hasil investasi. Soal kapan waktu untuk menaikkan BI rate, Juda menambahkan, pihaknya akan terus memonitor perkembangan pasar baik international maupun domestik. Jadi, dapat dikatakan bahwa portofolio investasi dengan strategi pasif dengan meniru indeks Pefindo-25 cukup prospektif dalam orientasi jangka panjang.
Dari complete dana kelolaan tersebut, sekitar 30% berasal dari reksadana proteksi. Tapi, ketika pertumbuhan international turun atau pasar keuangan dilanda aksi jual, dollar AS juga akan diuntungkan oleh statusnya sebagai mata uang cadangan devisa. Sebab, jenis reksa dana ini menempatkan aset investasinya pada deposito dan obligasi jangka pendek dengan risiko fluktuasi pasar yang rendah.
Misalnya selama ini Anda rutin berinvestasi sebesar Rp2 juta pada reksa dana saham, kemudian Anda mulai berinvestasi langsung di pasar modal dengan membeli saham BUMN berkinerja bagus. Ini akan sangat membantu Anda pada saat melakukan evaluasi pada periode berikutnya. Lihat dan analisa dulu kondisi dan tujuan keuangan berinvestasi di reksa dana. Meski tak menyebut saham dan sektor pilihannya, Surya punya satu prinsip soal saham: tempatkan dana di perusahaan yang ia pahami betul bisnisnya.
Pernyataan Loayza tersebut merujuk pada terus meningkatnya angka cadangan devisa Indonesia serta prospek investasi dan kondisi neraca transaksi berjalan yang terus membaik. Dwina S. Wijaya, Direktur Utama Bahana TCW, berharap sampai akhir 2007 ABF-Indonesian Bond Indeks Fund bisa menjaring dana senilai Rp 500 miliar. Namun, Hanif mengatakan bukan tidak mungkin bagi investor jangka pendek untuk menanamkan dananya di reksa dana saham.
Jadi kesimpulannya adalah uang anda sebaiknya diinvestasikan dalam jangka waktu yang panjang dan sedini mungkin. Kini, investor tidak perlu kebingungan lagi dalam mengelola portofolio investasi mereka. Reksadana berbentuk perseroanPerseroan menghimpun dana dengan menjual saham perdana (IPO), kemudian menggunakan dana tersebut untuk diinvestasikan dalam berbagai jenis efek.
LikuidYang dimaksud dengan likuiditas disini adalah kemudahan untuk menarik atau me-redeem dana investasi tersebut kapanpun, tidak seperti deposito berjangka yang hanya dapat ditarik pada periode tertentu. Pada letusan G. Krakatau, dengan runtuhnya dinding kawah di dasar laut, terbentuklah lubang kawah besar yang disebut kaldera, air laut yang membanjiri kaldera dan mengisinya dengan arus yang sangat deras dan amat banyak menyebabkan bergejolaknya air laut.
Misalnya Anda mematok goal return sebesar 15 % per tahun, sementara kinerja reksa dana yang Anda miliki hanya memberikan return 20% selama 2 tahun. Edbert menganggap, penurunan AUM itu sebagai keunikan dari reksadana pasar uang. Arus dana masuk investor asing ke pasar obligasi mencapai Rp34,sixty one triliun sepanjang November 2017. Bebas pajakTidak seperti halnya rekening tabungan ataupun deposito berjangka (dimana bunganya masih dikenakan pajak), profit yang diperoleh dari reksadana sejauh ini adalah sepenuhnya milik anda tanpa dikenakan pajak.
Statistik menunjukkan bahwa dalam jangka panjang berinvestasi di saham memberikan kinerja yang lebih baik dibadingkan di SBI atau deposito. Dengan demikian sebaran investasinya pun bisa menjadi lebar sekali, sehingga kalau ditinjau dari risk bearing dan threat avoiding bisa dilakukan penyebaran risiko. Semakin tinggi proyeksi pertumbuhan ekonomi, semakin baik pula prospek investasi di bursa saham.
RIFAN BERJANGKA
Jumlah investasi juga diperkirakan kembali menyesuaikan kapasitas ekonomi negara-negara di kawasan itu. Menurut dia, tren suku bunga rendah seperti dipangkasnya BI 7 day reverse repo rate sebesar 25 basis poin menjadi tantangan kinerja Mandiri Dana Optima hingga akhir tahun. Periode pertama, yaitu sejarah berdirinya pasar modal di Indonesia, yang dimulai dari kegiatan jual-beli efek tahun 1880.