IHSG Diprediksi Bakal Rebound Jelang Pengumuman Suku Bunga AS

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya menuturkan, IHSG masih berada dalam rentang konsolidasi wajar di tengah tekanan dan aliran dana investor asing yang keluar dari pasar saham. Indeks Euro Stoxx terpantau naik zero,thirteen% meskipun bursa Jerman melemah zero,07% karena anjloknya saham maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa. Pada tahun 2013, pertumbuhan ekonomi Indonesia memang tercatat hanya 5.8%, alias turun signifikan dibanding puncaknya yakni 6.9% pada tahun 2011. INFOREXNEWS - Saat ini, pasar modal Indonesia telah memasuki semester kedua di tahun 2017 ini.
Jakarta - Selain tren pelemahan indeks harga saham gabungan (IHSG) di sepanjang paruh pertama tahun 2018, kondisi yang sama juga terjadi terhadap kinerja indeks reksa dana. Tercatat 10 saham menguat, 90 saham melemah dan 33 saham stagnan. Perdagangan hari ini berjalan moderat dengan frekuensi transaksi mencapai one hundred twenty.903 kali pada quantity four,608 miliar lembar saham senilai Rp four,721 triliun.
Terjadi pula perputaran pembelian dari komoditas mulai ke sektor defensif seperti Telkom (TLKM), PGN (PGAS) dan Unilever (UNVR) serta cyclicals (ASII, UNTR dan INTP). Pada pekan lalu, asing melakukan pembelian bersih saham Indonesia sebesar US$ 218 juta. Sentimen negatif dari koreksi bursa regional dan harga komoditi tampaknya akan menahan laju kenaikan IHSG hari ini.
PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Artinya, hasil evaluasi itu tidak menjadi masalah karena yang berpengaruh pada pergerakan BUMI bukan hanya masuknya dana asing dan sukses tidaknya proses akuisisi itu. William Surya Wijaya, analis Indosurya Mandiri Sekuritas mengatakan, gejolak harga komoditas masih akan mempengaruhi pergerakan IHSG dalam waktu dekat. Indikator positif lain berasal dari penguatan nilai tukar rupiah pada degree 9.900-an per dolar AS. Menurutnya, penguatan mata uang lokal ini mengandung sisi positif, yaitu bila menguat mengindikasikan masuknya dana asing.
Menurut dia hal ini merupakan peluang bagus yang mana pasar saham China akan mencapai backside pada pekan depan jika aksi jual saat ini terus terpacu. IHSG di perdagangan kemarin ditutup naik 31,23 poin atau menguat 0,fifty two% setelah di sepanjang sesi perdagangan bergerak positif. Kenaikan suplai yang merespon kenaikan harga minyak masih berlanjut, dengan produksi AS yang berada di level tertinggi dan jumlah kilang minyak yang naik 7 persen sejak awal tahun.
Pada perdagangan preopening, IHSG naik tipis 2,701 poin (zero,06%) ke level four.798,490. Perdagangan saham hari ini diawali dengan mencatatkan kenaikan indeks ASX 200, Australia sebesar zero,26 persen, ditopang kenaikan harga minyak dan komoditas pertambangan dasar. Knowledge inflasi bisa menjadi pemicu membaiknya kinerja IHSG jika inflasi relatif sesuai denngan ekspektasi pasar.
Pada kwartal pertama harga minyak dunia ditetapkan dengan harga US$22 per barrel, pada bulan Mei memasuki kwartal kedua naik menjadi US$36 per barrel dan puncaknya memasuki kwartal akhir tahun 2004 harga minyak dunia mencapai kisaran US$50-fifty five per barel, keadaan ini terus berkelanjutan sehingga pertengahan tahun 2006 harga minyak dunia mencapai lebih dari US$70 per barrel.
Menurut UUPM penjelasan Pasal 1 angka 5 waran adalah efek yang diterbitkan oleh suatu perusahaan yang memberi hak kepada pemegang efek untuk memesan saham dari perusahaan tersebut pada harga setelah 6 (enam) bulan atau lebih sejak efek dimaksud diterbitkan. Penurunan harga emas sedikit tertahan oleh melemahnya indeks dolar AS, dan penurunan data pesanan barang tahan lama periode Desember sebesar 5,1 persen.
Mengenai rencana pembelian saham Bank Bukopin oleh Jamsostek, menurut Mustafa akuisisi itu akan lebih pada penguasaan saham saja, namun tidak pada pelebaran bisnis yang digeluti oleh Jamsostek ke sektor perbankan. Meski sempat memperpanjang penguatannya kembali menembus stage 5.800, gerak indeks berbalik melemah pada awal Sesi II perdagangan dan balik tergelincir ke kisaran stage 5.700.
Nilai tukar dolar AS terhadap sejumlah mata uang dunia di pasar uang New York pagi tadi berakhir melemah setelah imbal hasil US Treasury 10-tahun menembus stage psikologis three% untuk kali pertama sejak 2014. Indeks VIX yang mengukur kecemasan pasar terpantau turun 3,27% setelah juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, menyatakan Trump diperkirakan akan menandatangani sesuatu pada akhir pekan ini, dengan potensi mengecualikan Meksiko dan Kanada dari pemberlakuan tarif tersebut atas dasar keamanan nasional.