Gaya Kerja Milenial Dan Tantangan Kolaborasi Di Period Disrupsi Teknologi

Demi menciptakan cita-cita generasi milenial, beragam lembaga keuangan menawarkan cara ber inves tasi dengan mudah. Perusahaan yang bergerak di bidang teknis, misalnya di bidang semikonduktor, malah memiliki karyawan perempuan lebih sedikit lagi. Berdasarkan peneilitian yang dilakukan oleh PwC, generasi milenial akan mendominasi dalam satu hingga dua dekade ke depan. Bizzy Benefits merupakan portal Employee Purchase Program pertama di Indonesia, dihadirkan bagi perusahaan yang ingin memberikan tambahan employee profit kepada karyawannya sehingga mereka bisa belanja secara online kebutuhan pribadi dengan harga grosir diskon korporasi,” jelasnya dalam keterangan tertulis, kemarin.
Dalam perspektif inilah even pemilihan presiden yang digelar 17 April 2019 mendatang, dinilai perlu melakukan suatu terhadap generasi milenial. Dari sisi gender ditemukan kalau milenial perempuan yang memiliki investasi hanya 26 persen, sekitar 40 persen milenial laki-laki berinvestasi di luar rutinitas pekerjaan. Bukan hanya gaji, milenial mencari pengembangan diri dan pekerjaan yang memiliki worth atau makna dalam kehidupannya.
Dengan begitu, pimpinan bisnis dan pimpinan SDM dapat membuat kebijakan, budaya, sistem maupun inisiatif program yang mengakomodir kebutuhan karyawan millennial. Etika kerja bagi generasi ini adalah jam kerja panjang menunjukkan komitmen karyawan. Kelompok kelas menengah memang secara umum lebih banyak didominasi kaum pekerja perkotaan yang relatif mapan, memiliki daya beli yang cukup dan tentu saja bekerja secara konvensional.
Bonus demografi yang akan dihadapi Indonesia dalam beberapa tahun ke depan harus ditunjang dengan perbaikan kualitas pendidikan bagi generasi milenial. Sementara jika dirunutkan hubungannya apakah generasi milenial akan menerima musik tradisi, Idar, baik itu musik tradisi bahkan electronic dance music (EDM) sekalipun adalah sebuah musik yang bersifat universal.
Awalnya mereka protes, tapi setelah mengikuti latihan militer ini, mereka sampai menangis ketika harus berpisah dengan pelatih mereka di kesatuan,” cerita Hery yang ternyata kerap menerima telepon dari orang tua Generasi Milenial yang mengucapkan banyak terima kasih karena anak-anak mereka kini lebih disiplin. Milenial memang masih asyik dengan hasrat dunia kerja yang mereka idamkan yaitu hal yang fleksibel daripada sesuatu yang pasti.
Meski tidak semua generasi millennial ini bisa dikatakan kreatif dan inovatif, namun generasi ini sedang mendominasi kehidupan di seluruh dunia dengan penemuan maupun pemikiran-pemikiran akan perubahan yang lebih berarti bagi kehidupan manusia. Sisanya sebanyak 7.one hundred orang masuk dalam kelompok karyawan Gen X. Artistic entrepreuner dan penulis buku, Yoris Sebastian menyebut bahwa salah satu hal yang menyebabkan milenial sering berpindah-pindah pekerjaan lantaran bukan masalah gaji semata tetapi juga lingkungan pekerjaan.
Ancaman itu berupa ketidakmampuan milenial untuk memiliki rumah sendiri dari jerih payah mereka. Inilah yang harus berani diterapkan oleh perusahaan demi beradaptasi dengan pergantian generasi kerja sehingga kelak bisa menyerahkan posisi strategis dan tampuk kepemimpinan kepada angkatan milenial. Tak hanya itu, 79 persen milenial mempertimbangkan untuk keluar dari pekerjaan saat ini dan bekerja untuk dirinya sendiri di masa depan.Karyawan Milenial Mulai Mendominasi
WWW RIFAN FINANCINDO BERJANGKA COM
Mereka baru saja melewati pendahulunya dari Gen X yang sebelumnya mendominasi kalangan pekerja. Sense-of crisis hampir-hampir punah karena dominasi kepentingan ( curiosity ) pribadi, kelompok, partai dan golongan, bisnis dan rasis. Hari ini, Generasi Milenial (Gen Y) paling tua berusia 36 atau 37 tahun, sementara yang paling muda berumur 23 tahun. Dalam hal ini, generasi milenial cenderung lebih memilih untuk bekerja di kantor dengan gedung yang bagus atau gaji yang lebih besar.Generasi X Dominasi Peran Kepemimpinan, Juara …
Jadi, meskipun peraturan sudah cukup mengakomodir hak karyawan untuk beristirahat, kenyataannya masih ada karyawan yang belum bisa bergembira lepas dari kelelahan kerja karena ambisi perusahaan. Ini tentu bisa mendorong karyawan tersebut meloncat ke perusahaan lain. Mengingat, karyawan milenial yang mulai mendominasi pekerja kerah putih pada tahun 2016, ingin semua yang serba cepat, praktis dan cepat.
Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ibnu Nadzir bahkan memprediksi populasi pemilih dari kalangan milenial pada 2019 mencapai lebih dari 50 persen. Lantas secara jangka panjang, peningkatan kualitas mutu generasi milenial ini bisa ditempa lewat program reguler pendidikan tinggi melalui program seperti S1, S2 maupun S3. Namun dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan ini, kita masih memiliki sejumlah kendala.