Instruksi Presiden Republik Indonesia

JAKARTA, (PR).- Kementrian Perindustrian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) bekerja sama dengan Algae Biomass and Vitality System (ABES) College of Tsukuba, Jepang, untuk mengembangkan komoditas alga atau ganggang menjadi sumber energi terbarukan. Secara umum potensi listrik yang bersumber dari energi terbarukan di Indonesia cukup besar dan belum dimanfaatkan secara optimum. Dana yang terkumpul dari rekening tersebut digunakan untuk mensubsidi pembangunan sistem pembangkit energi listrik di wilayah lain. Selain biodiesel dan bioethanol, dari limbah pabrik kelapa sawit atau POME (Palm oil Mill Effluent) melalui teknologi biogas (methane capture) dapat dipanen energi berupa gasoline metan (biogas) sebagai pengganti fuel bumi.
Berfungsinya lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan (R&D) di bidang teknologi energi terbarukan, seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi (BPPT), dan lembaga-lembaga penelitian di perguruan tinggi di Indonesia, terbukti melahirkan mahakarya mandiri yang tidak hanya berani mengembangkan, tetapi juga dengan bangga menggunakan teknologi energi terbarukan buatan sendiri (indigenous expertise).
Sangat paradoks dengan kemajuan pencapaian demokratisasi di Indonesia yang kini dipandang sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia setelah India dan Amerika Serikat. Dari sisi sumber daya alam, Indonesia memang banyak kehilangan peluang dalam mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Apabila Indonesia mampu mengolah dengan baik penggunaan cadangan fuel bumi nasionalnya sehingga diperoleh pemasokan gas bumi untuk pembangkit dengan harga yang lebih rendah, maka biaya listrik dari pengoperasian PLTGU akan bisa lebih murah lagi.10 energi terbarukan di indonesia
Kopi merupakan salah satu komoditi unggulan hasil perkebunan Indonesia, luas perkebunan yang cukup besar merupakan potensi untuk pengembangan kopi, berbagai jenis kopi hasil pengolahan Indonesia telah menjadi primadona di beberapa negara pengimpor kopi. Tetapi, tentu ada pembangkit listrik energi terbarukan yang cukup stabil seperti pembangkit listrik tenaga panas bumi karena prinsip kerjanya sama dengan pembangkit listrik tenaga uap.
Indonesia saat ini juga telah melakukan pengkajian dan penelitian pada teknologi konversi arus laut sumbu vertikal pada skala 2 KW-10 KW. Pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil masih mendominasi bauran energi nasional dengan pembangkit listrik tenaga batu bara dan gas mengambil bauran paling tinggi dibandingkan sumber energi lainnya. Indonesia juga memiliki potensi angin melimpah karena memiliki garis pantai yang sangat panjang.
Paling tidak, lanjutnya, terdapat eight sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan, yakni biofuel, biomassa, panas Bumi atau geothermal, air, angin, matahari, gelombang laut dan pasang surut. Karena itu, kenaikan harga minyak saat ini menjadi momentum bagi Indonesia untuk menggenjot pemanfaatan energi terbarukan yang sumbernya melimpah di dalam negeri.
Jika tidak, maka sia-sialah Indonesia memiliki potensi sumber energi baru terbarukan yang melimpah. Saingan kelapa sawit Indonesia terutama berasal dari Malaysia. Dalam kaitan hal tersebut, Kepala BPPT, Marzan A. Iskandar mengatakan bahwa melalui Baron Technopark, BPPT telah melakukan tugas pengkajian dan penerapan teknologi, khususnya teknologi energi terbarukan.
Penggunaan energi terbarukan untuk elektrifikasi pedesaan di Indonesia berpotensi, karena ribuan pulau dari kepulauan membuatnya sulit untuk membangun sistim distribusi listrik yang saling terhubung, baik secara fisik maupun secara finansial. Solusi sumber energi baru terbarukan bukan lagi sebagai alternatif tetapi sebuah keharusan untuk bisa mandiri energi.
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Salah satu hasil sub sektor perkebunan Indonesia yang menjadi foundation nomor tiga komoditi ekspor setelah kelapa sawit dan kemiri adalah kopi. Di Indonesia terdapat puluhan Pembangkit Listrik Tenaga Air, antara lain : PLTA Singkarak (Sumatera Barat), PLTA Gajah Mungkur (Jawa Tengah), PLTA Karangkates (Jawa Timur), PLTA Riam Kanan (Kalimantan Selatan), dan PLTA Larona (Sulawesi Selatan).10 energi terbarukan di indonesia
Salah satu caranya adalah menggenjot pembangunan energi terbarukan untuk kebutuhan listrik nasional. Sebagai gambaran, kapasitas pembangkit listrik di Indonesia saat ini sebesar fifty two gigawatt. Sampai saat ini, porsi bauran energi primer Indonesia masih didominasi oleh bahan bakar fosil. Indonesia kaya akan sumber energi terbarukan dan ini harus dimanfaatkan secara baik", tegasnya.