Mengapa China Percaya Diri Mampu Memenangkan Perang Dagang ?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Angkatan Darat AS lewat semua persiapan perang melawan China setelah Beijing menolak untuk mematuhi keputusan pengadilan arbitrase internasional di Denhaag dan menjadi lebih agresif dalam menanggapi putusan yang merugikan klaim mereka di Laut China Selatan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sedang mengidentifikasi sektor industri bersama Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, hingga Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Di tengah ombang-ambing perang dagang, ada satu negara ASEAN yang justru bisa keluar sebagai juara. Meskipun mungkin ada teori konspirasi James Bond di luar sana untuk ritual tahunan ini, tidak ada keraguan tentang tema utama diskusi: Perang dagang Amerika versus China.
Ekonomi perang tersebut dibangun dengan konteks berbeda yang terjadi pada masa Perang Dingin. Bahkan dari negara yang hubungan perdagangannya dengan Indonesia sangat kecil. Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok tak selalu membawa dampak negatif bagi negara berkembang seperti Indonesia. The People's Each day, koran resmi Partai Komunis di China, berkomentar bahwa dua rival itu nampaknya menggunakan Suriah sebagai ajang kompetisi militer dan diplomasi, layaknya ketika Perang Dingin.
Ini juga merupakan babak baru perang tarif yang dikeluarkan Washington. Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan, pola pikir birokrat selama ini harus berubah menjadi lebih ramah terhadap bisnis (enterprise friendly), dari agen pemerintahan menjadi agen bisnis, lebih berintegritas, dan percaya diri serta menjadi garda terdepan mengawal program ekonomi pemerintah.
Putaran keempat perundingan perdagangan China-Amerika Serikat (AS) yang diadakan baru-baru ini di Washington, DC, berakhir dengan rengekan. Knowledge dari Pusat Penerangan AL menyebut, satu unit kapal perang kelas fregat dengan panjang sekitar one hundred meter butuh bahan bakar solar senilai Rp900 juta untuk biaya patroli sehari penuh. Perang Dunia II telah menyebabkan kerugian besar baik bagi negara yang teerlibat perang maupun tidak.
Namun, dari sisi Indonesia, dampak perang dagang sifatnya tidak langsung dan baru terasa dalam jangka panjang. Namun, karena 19 perusahaan Tiongkok ini menjadi ancaman bagi rantai pasokan ICT AS, dengan meningkatnya konflik perdagangan, perusahaan-perusahaan Tiongkok ini juga tidak terhindar dari terpengaruh. Saat ini kondisi perekonomian world masih dalam kondisi lesu, pemulihan berjalan lambat, pertumbuhan perdagangan lemah, karenanya memerlukan langkah nyata antara lain perkuatan mekanisme investasi global, sebelum kondisi semakin memburuk,” katanya.
Di belahan bumi lainnya, lemahnya kapitalis Perancis dan Belanda di Asia Tenggara membuat Amerika dan Jepang terlibat perang dagang, yang berujung pada embargo minyak bumi atas Jepang. Defisit perdagangan AS dengan China, yang disalahkan Trump untuk berbagai macam penyakit ekonomi, telah membantu menciptakan lapangan pekerjaan di AS dan tanpa itu negara itu akan memiliki masalah besar, tambah Ma.
Senada dengan Shofwan, Staf Khusus Presiden, Ahmad Erani Yustika, juga menilai perang dagang bisa memberi peluang buat Indonesia. Dikatakan, perang dagang terbuka antara AS dan China harus segera diredakan karena akan mengganggu perekonomian semua negara. Tidak hanya dari kinerja perdagangan dunia, BI menilai, dampak perang dagang juga berpengaruh pada sektor keuangan dunia.perang dagang indonesia
Gao mengatakan perdagangan luar negeri China diperkirakan berlanjut stabil pada semester kedua tahun ini, meskipun investor takut perang dagang akan memberikan "pukulan". Maka dari itu, perlu adanya konsultasi dan negosiasi kedua belah pihak untuk mencegah kerugian yang lebih besar akibat adanya perang dagang tersebut. Presiden AS Donald Trump menuding China melakukan praktik perdagangan yang tidak adil, seperti pencurian kekayaan intelektual.perang dagang amerika
RIFAN
Sebab, AS akan menjadi pihak yang menyerah dalam agenda perang dagang nantinya, karena pasokan kedelai di negara tersebut akan berlebihan. Trump dapat menerapkan tarif yang lebih tinggi kepada Tiongkok di tengah pertempuran perdagangan kedua negara yang kian meningkat. Pembicaraan perdagangan antara Negeri Paman Sam dan Negeri Panda masih belum mencapai titik temu yang jelas walaupun perwakilan kedua negara sudah bertemu dalam beberapa bulan terakhir.
Untuk mewujudkan strategi ekonominya ini, AS berupaya mem­perlemah dan memperlambat gerak pasar bersama Eropa dengan mem­bentuk blok-blok perdagangan baru, menghidupkan kesepakatan-kesepakatan lama dan mengaktifkannya kembali, mendirikan NAFTA -beranggota Kanada, AS, dan Meksiko- dan juga, membentuk APEC. Selain itu, demobilisasi dan kemerosotan ekonomi setelah perang mengakibatkan tingginya pengangguran.