Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal II 2014 Diprediksi Melambat

Ekonomi indonesia saat ini optimis pertumbuhan ekonomi yang meningkat.dengan pertumbuhan dan pendapatan nasional yang semakin meningkat kita dapat melihat perkembangan dan kemajuan kita pada negara lain. Selama ini Indonesia mengandalkan pasar domestik yang besar dan ekspor komoditas primer yang harganya tinggi dipasar dunia. Perekonomian Indonesia tahun 2014 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 10 542,7 triliun dan PDB perkapita mencapai Rp41,8 juta atau US$3,531.5. Perekonomian Indonesia melambat dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan menurunnya harga-harga ekspor komoditi utama, akibat melemahnya tuntutan dari Cina dan pasar-pasar utama lainnya.pengangguran menurun jadi tanda ekonomi ri membaik
Selain itu, berbagai paket kebijakan ekonomi yang sudah dikeluarkan pemerintah sejak 2015 juga diperkirakan membawa dampak bagus bagi perekonomian. Pertama, pertumbuhan makroekonomi yang pesat belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat secara menyeluruh. Kisaran pertumbuhan ekonomi tahun 2011 yang mencapai 6,5 persen juga lebih tinggi dibanding asumsi pertumbuhan ekonomi pada Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (RAPBN) 2011 sebesar 6,4 persen.
Selama tahun 2009 ekonomi Indonesia relatif stabil seperti yang ditunjukkan oleh tingkat inflasi yang rendah yaitu hanya mencapai 2,seventy eight% atau merupakan inflasi terendah semenjak lebih dari sepuluh tahun terakhir. Laju rupiah ini juga terdorong dengan adanya penurunan suku bunga acuan Financial institution Indonesia (BI), dan juga adanya program tax amnesty, sehingga juga turut dalam menambah pemasukan anggaran negara.
RF BERJANGKA
Tabel dibawah ini menjelaskan knowledge pertumbuhan ekonomi yang dikelompokkan berdasarkan knowledge sektoral, meliputi: pertanian, pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, listrik, gasoline dan air bersih, bangunan, perdagangan, lodge dan restoran, pengangkutan dan komunikasi, keuangan, persewaan dan jasa. Kondisi perekonomian Indonesia pada tahun 2010 secara umum memang melebihi harapan otoritas ekonomi, jika dilihat dari financial outlook yang disampaikan setahun sebelumnya.
Kalau kita secara umum melihat inflasi yang dikeluarkan itu menunjukkan pengendalian inflasi yang konsisten, kalau lihat pertumbuhan ekonomi kita mengikuti semester kedua 4,7%,” tukasnya. Kedua aksi ini dinilai akan mempengaruhi pergerakan perekonomian Indonesia. Sofyan berpendapat fundamental ekonomi dan perbankan pada umumnya sangat baik dan hanya sedikit terpengaruh krisis international.
Sementara itu, Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,06 persen sudah cukup baik. Dalam periode belakangan ini, ketakutan utama para ahli ekonomi kapitalis adalah deflasi utang, yaitu spiral menurun jatuhnya harga-harga asset, naiknya utang pada rasio asset, penjualan asset terpaksa, kenaikan utang, dan jatuhnya pinjaman financial institution.
Alhasil dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi tersebut hanya dinikmati sedikit pihak. Dengan demikian investasi di Indonesia dan ekspansi ekonomi negara tersebut ikut melambat. Harapan sangat besar pada pemerintahan baru untuk bisa membawa ekonomi tumbuh seperti tahun-tahun sebelumnya. Gubernur Financial institution Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengungkap beberapa hal yang harus dilakukan agar ekonomi Indonesia bisa tumbuh secara berkelanjutan.
Melihat kondisi tersebut, dirinya menilai, goal pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun 2017 yang dicanangkan pemerintah diangka 5,2 persen dirasa sulit tercapai. Dia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II-2016 akan membaik, namun terbatas, Konsumsi rumah tangga disebut membaik, yang terlihat dari tumbuhnya penjualan eceran dan mobil menjelang lebaran.
Berdasarkan survei terbaru Financial institution Indonesia (BI) mengenai tingkat keyakinan konsumen menyebut, terkait persoalan harga konsumen melihat pasca Lebaran tekanan kenaikan harga bakal menurun pada Agustus 2015. Sementara di bidang perbankan, Bank Indonesia akan meningkatkan efisiensi perbankan untuk mengoptimalkan kontribusinya dalam perekonomian dengan tetap memperkuat ketahanan perbankan.pengangguran menurun jadi tanda ekonomi ri membaik
Alhasil, berdasarkan knowledge ekspor impor terakhir dari BPS, sepanjang tahun 2014 Indonesia masih mengalami defisit neraca ekspor impor sebesar US$ 1.9 milyar. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2011 juga didorong karena diakuinya perekonomian Indonesia oleh negara-negara berkembang. Tidak hanya itu, agenda lainnya yang perlu diperhatikan adalah penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia di perusahaan-perusahaan asing yang memiliki perusahaan di Indonesia.