Rupiah Diperkirakan Stabil Di Kuartal II

Deputi III Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu Ekonomi Strategis, Kantor Staf Presiden (KSP) Denni Puspa Purbasari menyebut, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3% tersebut sesuai dengan goal yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. Saya membayangkan seandainya BI tetap kokoh (bila tak hendak menyebutnya angkuh) menahan suku bunga, maka seberapa besar rupiah terperosok, stage Rp sixteen.000 per dolar AS atau bahkan melampaui stage itu bisa mungkin terjadi. Asumsi ekonomi makro lain yang menarik diperhatikan adalah kurs Rupiah terhadap USD. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menyentuh stage terendah sejak tahun ninety eight. PDI-P menganggap pelemahan rupiah ini bisa dimainkan oleh lawan politik sebagai pelemahan strategi koordinasi pemerintah dan financial institution Indonesia.
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA
Selain telah disetujuinya RKAT 2019, pemegang saham juga secara aklamasi menyetujui agenda RUPSLB BEI lainnya yakni Pengangkatan Komisaris Perseroan untuk mengisi jabatan anggota Dewan Komisaris yang lowong. Terkait kemungkinan rupiah menguat hingga Rp 13 ribu per dolar AS, Perry menilai akan tergantung kondisi elementary ekonomi domestik, kondisi mekanisme pasar, dan faktor-faktor teknikal terkait berita-berita perkembangan international, seperti perundingan perdagangan, kebijakan The Fed, dan lainnya.
4. Ditingkat Provinsi Sulawesi Utara, dalam kebijakan anggaran 2019 ditetapkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku diharapkan dapat mencapai lebih dari Rp. 120 triliun dan PDRB per kapita mencapai lebih dari Rp. 40 juta per kapita, angka inflasi pada kisaran three - four persen, ekonomi Sulawesi Utara tahun 2019 tumbuh 6,3 -6,5 persen, kemiskinan bisa diturunkan pada kisaran 7,8 - 7,9 persen, angka pengangguran dapat ditekan menjadi 6,65 - 6,7 persen dan asumsi target IPM Sulawesi Utara dapat mencapai angka seventy one,eight.
Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, dampak dari pelemahan Rupiah saat ini membuat harga pakan ternak mengalami kenaikan. Steve mengatakan, jika AS dan IMF tidak berencana untuk menggulingkan Soeharto 20 tahun lalu, maka Indonesia akan memiliki Rupiah yang sehat saat ini. Piter menambahkan penyelenggaraan pemilu pada semester awal tahun 2019 akan turut mempengaruhi perekonomian nasional karena sulit mengharapkan aliran modal masuk untuk menutup CAD.
Financial institution sentral memprediksi tahun depan nilai tukar rupiah akan bergerak di kisaran 14.800-15.200 per dolar AS. Kebijakan Umum Anggaran tahun 2019 Provinsi Sulawesi Utara mengacu pada kebijakan tahun kelima RPJMN, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dirinya berjanji akan terus memantau bagaimana dampak eksternal dan inner akan mempengaruhi arah industri keuangan nasional pada 2019.
Untuk diketahui, usul perubahan asumsi nilai tukar rupiah sebesar Rp15.000 dalam RAPBN 2019 merupakan masukan Bank Indonesia. Untuk menunjang tujuan tersebut, kebijakan fiskal dan APBN tahun 2019 dirancang dengan tema APBN untuk Mendukung Investasi dan Daya Saing melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia”. Rupiah pun termasuk mata uang terburuk di dunia bersama dengan mata uang negara-negara selevel Indonesia, seperti Rusia, Turki, dan Brasil.
Peningkatan target penerimaan pajak tersebut pada gilirannya akan berdampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi pada 2019 dari semula ditetapkan sebesar 5,three% menjadi 5,15%. Sebelumnya, Gubernur Financial institution Indonesia, Agus Martowardojo, menilai pelemahan rupiah terhadap dolar AS adalah hal yang wajar, mengingat depresiasi rupiah yang terjadi akhir-akhir ini lebih disebabkan oleh penguatan mata uang dolar AS terhadap hampir semua mata uang dunia.
Mantan Direktur Pelaksana Financial institution Dunia ini juga mengungkapkan bahwa nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan dipengaruhi oleh normalisasi kebijakan moneter di negeri Paman Sam, ditambah dengan perang dagang. Menanggapi usulan tersebut, banyak anggota Banggar dari beragam fraksi mempertanyakan keputusan pemerintah mengubah kembali RAPBN 2019, setelah rancangan sebelumnya yang berdasar pada nilai tukar rupiah Rp 14.500 per dolar AS disetujui.
Dalam RAPBN 2019, Pemerintah menargetkan tingkat bunga SPN 3 sebesar 5,three persen. VIVA - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang terdiri dari Kementerian Keuangan, Financial institution Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Penjamin Simpanan telah mencermati stabilitas sistem keuangan Indonesia pada kuartal dua tahun 2018 yang membuat nilai tukar rupiah terus melemah terhadap dolar.
Jika dicermati, sebenarnya persoalan ekonomi makro 2019 bukan hanya besaran nilai tukar yang semakin rentan tapi juga penetapan besaran upah yang tercermin pada UMK. Di sisi lain, kondisi dari dalam negeri juga cukup kondusif terutama setelah Financial institution Indonesia kembali menegaskan akan tetap mengarahkan kebijakan moneter untuk lebih menjaga stabilitas inflasi dan nilai tukar rupiah.