Isu The Fed Hendak Naikkan Suku Bunga Lemahkan IHSG

IHSG ditutup dengan 120 saham menguat, 239 saham melemah, dan 112 saham stagnan. Menanggapi hal ini, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas mengatakan, kenaikan suku bunga ini sebenarnya telah lama ditunggu oleh pasar dan para pelaku ekonomi dunia. Strong U.S. economic data released this week has helped revive investors' expectations for a September rate increase. Pada pembukaan perdagangan Senin, IHSG menguat 12,31 poin (0,42 persen) ke level 2.959,33.
Sayangnya meski indeks agrikultur naik lebih dari dua persen, IHSG masih gagal masuk ke teritori positif. Kami melihat Indonesia saat ini berada dalam posisi ekonomi yang kondusif untuk menghadapi perkembangan tak terduga dari politik AS, dengan bank sentral, Bank Indonesia telah mengadopsi sikap loosening monetary sejak awal tahun ini. Pergerakan indeks diperkirakan di level support 3.010-2.070-2.880 dan resisten di 3.070-3.100-3.150.
Kelik mengatakan tembusnya harga CPO hingga mendekati level US$1.000 per ton itu juga mengonfirmasi investor telah price in terhadap level harga sekarang. Pada transaksi kemarin, Rabu 30 Juni 2010, IHSG ditutup positif karena terangkat 20,31 poin (0,70 persen) ke level 2.913,68. Investor lebih mempunyai keberanian untuk berinvestasi di obligasi pemerintah. Sebagai tambahan (karena data tersebut adalah data akhir November yang saya gunakan untuk presentasi dalam Market Outlook 2011), target IHSG konsensus untuk per hari ini sudah berada di kisaran 4200 - 4250.
Koreksi atas saham-saham perbankan dan Astra International (ASII) langsung membuat IHSG memerah. Disaat yang bersamaan, para investor asing kembali membukukan nilai penjualan bersih sebesar IDR1.7tr, menyusul akumulasi nilai jual bersih IDR1.3tr yang terjadi pada saat IHSG terpuruk beberapa waktu lalu. Teknologi back office yang diterapkan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), kini memungkinkan setiap investor melakukan pengecekan aset-aset yang tercatat dalam rekening efek di perusahaan broker.
Data Prospek Energi AS Tekan Harga Minyak
Edwin Sebayang, Kepala Riset PT MNC Securities, menambahkan investor mesti lebih berfikir logis dengan melihat adanya euforia politik. Selama sepekan IHSG naik sebesar 0,89% sebagai cermin dari positifnya pandangan investor terhadap kinerja emiten Indonesia pada kuartar kedua 2010. Dari total saham yang ditawarkan, investor institusi menguasai 95 persen dan sisanya dikuasai ritel.
Penguatan Dolar Tekan Harga Minyak Dunia
Sekadar mengingatkan, beberapa waktu lalu Moody's Investor Service sedang meninjau ulang peringkat surat utang luar negeri. Pelaku pasar masih terus memantau pergerakan harga minyak dunia. Saya rasa banyak investor swasta yang berminat jika dibuka peluang itu,” paparnya. Hingga pukul 9.05 waktu JATS, IHSG terpangkas 9,843 poin (0,21%) ke level 4.580,359. A healthy segment of investors view the current agreement with skepticism given the competing geopolitical interests of Iran and Saudi Arabia.
Hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berpotensi untuk menguat. Transaksi investor asing pun mencatat pembelian bersih sebesar Rp 181,151 miliar. Pada triwulan II 2015, rupiah rata-rata melemah 2,47% (qtq) ke level Rp 13.131 per dolar AS. Tekanan terhadap rupiah pada triwulan II itu dipengaruhi antisipasi investor atas rencana kenaikan suku bunga AS (FFR), dan Quantitative Easing ECB, serta dinamika perundingan fiskal Yunani.
Dalam riset PT Sinarmas Sekuritas menyebutkan level IHSG akan berada di kisaran 5.110-5.173 dengan kecenderungan menguat. Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan IHSG ditutup menguat tipis setelah hampir sepanjang perdagangan mengalami tekanan. Tercatat aksi jual investor asing mencapai USD 272 juta atau sekitar Rp 3,74 triliun (asumsi kurs Rp 13.759 per dolar Amerika Serikat).
Sebalinya terdapat tiga partisipan yang memperkirakan harga emas tak banyak bergerak pekan ini. Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang pekan lalu bergerak lemah lesu dan akhirnya terpuruk ke bawah level 2.900. Kepala Riset Bhakti Securities Edwin Sebayang mengatakan, IHSG hari ini ditutup menguat, di tengah pelemahan bursa regional Asia. Sebanyak 135 saham menguat, 199 saham melemah, dan 120 saham tidak bergerak.
Dengan munculnya death-cross pada titik 71.8 overbought stochastic, maka IHSG diperkirakan cenderung melanjutkan pelemahan dengan menguji support 4,390. Tendensi arah positif MA (5,20) pada oversold 27.9 stochastic di harga IDR2,680, mencerminkan terbuka ruang bagi WIKA untuk melanjutkan penguatannya menguji resistensi berikut di IDR2,775. Note: Kami perkirakan IHSG akan mengawali perdagangan di awal pekan ini, dengan bergerak mix-positive dalam rentang serupa 5,395-5,465.
RIFAN FINANCINDO - Rifan Financindo Berjangka Incar Kenaikan Nasabah 53% di Jawa Tengah
IHSG diperkirakan masih dalam tren melanjutkan pelemahan pada hari ini, Rabu 21 Maret 2018 dengan rentang pergerakan pada kisaran 6.200-6.250. Dengan pertumbuhan indeks harga saham gabungan (IHSG) di atas 40% tahun ini, mereka yang cermat memilih saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) meraih keuntungan sekitar 40% pula, bahkan lebih. Misalnya, hari ini asing melakukan net buy, maka IHSG juga berpeluang ditutup positif hari ini.