Indonesia Bisa Manfaatkan Perang Dagang Amerika Dan China

TOKYO, — Bursa-bursa saham di Asia tertekan ke zona merah menyusul laporan Pemerintah China yang mengonfirmasi perlemahan ekonominya tahun ini di degree 7,5 persen. Jika ditelisik lebih dalam perekonomian China, ada fenomena menarik seperti diberikan pada peraga berikut ini. Perekonomian China untuk saat ini dapat dikatakan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan sistem perekonomiannya masa lalu. Hal tersebut terjadi karena Cina sebagai mitra dagang terbesar AS, berpotensi mengurangi impor, tidak terkecuali dari Indonesia.
Beberapa waktu kemudian, Trump mengambil kebijakan untuk mengenakan bea masuk terhadap sebagian besar produk yang diimpor dari China. Draghi juga memperingatkan kepada para pemimpin di negara-negara Uni Eropa agar memberikan contoh yang baik dalam mendukung multilateralisme serta perdagangan international, yang diibaratkannya sebagai fondasi dasar dalam menumbuhkan kesejahteraan ekonomi selama tujuh dekade terakhir.perang dagang as china terbaru
Namun, dia pun menilai tidak mudah bersaing dengan produk asal China. Perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina dipandang tetap akan mempengaruhi ekonomi Indonesia namun skalanya mungkin tak terlalu besar karena pasar yang berbeda dan kecil skalanya. Sementara itu, peneliti LIPI Nanto Sriyanto mengatakan keseimbangan geopolitik antara China dan India bukan masalah yang mesti dikhawatirkan di tengah menghangatnya hubungan dengan Indonesia.
Laporan itu menyebutkan dua faktor utama yang menyebabkan ketidakstabilan: ketegangan perdagangan AS-China - yang telah meradang di bawah Presiden AS Donald Trump - dan ketidakpastian geopolitik. Dana investasi milik pemerintah Singapura (GIC) saat ini ditaksir bernilai 350 milyar Greenback AS. Namun berbeda dengan dompet bisnis pemerintah lain, GIC tidak memiliki aset, melainkan mengelola aset negara atas nama pemerintah.
IMF juga menyatakan bahwa meningkatnya ketegangan perdagangan dan potensi pergeseran dari sistem perdagangan berbasis aturan multilateral, merupakan ancaman utama terhadap ekonomi world. Harga saham maskapai penerbangan berguguran setelah Thom Cook memberi peringatan soal kinerja keuangan yang buruk. Kebijakan yang awalnya ditujukan kepada China itu justru menyulut reaksi dari mitra dagang AS yang lain seperti Kanada dan Meksiko yang merasa dirugikan.
Gao mengatakan perdagangan luar negeri China diperkirakan berlanjut stabil pada semester kedua tahun ini, meskipun investor takut perang dagang akan memberikan "pukulan". Sebaliknya, ketika sebuah negara berada pada kondisi dimana nilai impor lebih besar dari nilai ekspornya, maka negara tersebut dikatakan mengalami defisit neraca perdagangan. Selain itu, kebijakan ini juga sebagai upaya ‘balas dendam' AS yang menuding Cina telah melakukan pelanggaran hak atas kekayaan intelektual milik perusahaan AS yang berekspansi di Cina.perang dagang as china terhadap indonesia
TENTANG PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA
Dalam beberapa bulan terakhir, China merangkul dua sekutu diplomatik Taiwan yang tersisa, hanya menyisakan 19 negara kecil atau miskin yang mengakui pemerintahan di Taipei. 14. Mencabut PP Nomor 78 Tahun 2016 dan menambah jenis barang dan jasa kebutuhan hidup layak, sebagai dasar penetapan upah minimum untuk meningkatkan daya beli buruh. Pemerintah Indonesia merasa bangga dengan tawaran kerjasama pemerintah Cina yang meminta ekspor kelapa sawit, karet, batu bara, fuel alam, dsbnya ke Cina, walaupun harus melakukan konversi lahan dari hutan menjadi perkebunan kelapa sawit.
Ditambahkannya, pemerintah juga akan melakukan perluasan Free Trade Settlement (FTA), sehingga memiliki lapangan most important” yang sama dengan negara lain, sehingga ekonomi bisa tumbuh lebih baik lagi kedepannya. Eskalasi perang dagang terus berlanjut seiring masih ada ancaman tarif baru pada tambahan produk senilai US$267 miliar. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengklaim, 13 paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah sejak September tahun lalu telah berhasil meningkatkan masuknya investasi asing dari berbagai negara, terutama Cina.
Para ahli geostrategi Cina sekarang akan berharap bahwa suatu kepresidenan Donald Trump akan masuk ke dalam jebakan rencana ambisius mereka untuk mengurangi kekuatan Amerika dan menata ulang peta Asia. China sekarang merasa dirinya dapat mencoba memisahkan Uni Eropa di begitu banyak wilayah,seperti perdagangan dan hak asasi manusia," kata pejabat. Pemerintah Gedung Putih dengan dalih menghadapi dampak negatif defisit neraca perdagangan dengan Cina, menerapkan tarif impor baru bagi ratusan produk dan jasa dari Cina.
Trump juga telah mengancam akan meningkatkan bea masuk kepada produk impor China hingga senilai 450 miliar dolar AS, jika China membalas tindakan Amerika yang pertama. Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia, Cina memiliki potensi pasar domestik yang cukup besar untuk meningkatkan komponen konsumsinya. Wakil Kepala Bidang Penelitian Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI) Kiki Verico menilai daya saing Indonesia masih rendah dalam pasar international.